Obat Potensial untuk Covid-19 di Singapura Masuk Tahap Pengujian Akhir

Kompas.com - 07/08/2020, 15:30 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock) Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock)

KOMPAS.com - Pengujian obat potensial untuk Covid-19 yang dikembangkan perusahaan bioteknologi Tychan di Singapura kini dipercepat.

Dalam beberapa minggu ke depan, antibodi monoklonal atau protein sistem kekebalan yang dikenal sebagai TY027 itu akan memasuki fase pengujian terakhir.

Antibodi monoklonal adalah protein sistem kekebalan yang dibuat di laboratorium dan dirancang khusus untuk menargetkan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

Dilansir Straits Times, Kamis (6/8/2020), uji coba diperkirakan akan memakan waktu beberapa bulan, sebelum akhirnya dapat disetujui untuk pengobatan virus corona.

Salah satu pendiri Tychan, Ooi Eng Eon, mengatakan perusahaannya tidak memiliki sumber daya untuk melakukan uji coba obat dengan ribuan pasien.

Sehingga, rencananya uji coba akan melibatkan 500 orang pasien Covid-19 yang baru didiagnosis.

"Kami harus lebih ketat dalam cara kami merekrut dan jenis pasien yang kami daftarkan. Kriteria utamanya adalah agar pasien berada dalam tujuh hari pertama infeksi," kata pria yang juga seorang profesor dari Duke-NUS Medical School tersebut.

Baca juga: Ini 7 Kandidat Vaksin yang Sedang Uji Klinis Tahap Ketiga

"Membatasi jenis pasien yang dapat kami daftarkan, akan memberi kami kesempatan terbaik untuk menunjukkan dalam waktu sesingkat mungkin dan pada sesedikit mungkin pasien, bahwa obat ini bekerja untuk mencegah Covid-19 yang parah," sambungnya.

Saat ini, ia mengatakan, perusahaan masih menunggu persetujuan dari Otoritas Ilmu Kesehatan Singapura sebelum melakukan perekrutan pasien yang akan diuji coba.

Idealnya, kata Ooi, semua pasien yang akan diuji berasal dari Singapura, tetapi pihaknya terbuka untuk peserta dari luar negeri dan harus dipilih dengan cermat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X