Waspada Rekrutmen Palsu Mengatasnamakan PT KAI, Pria di Cirebon Tertipu Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 07/08/2020, 13:51 WIB
Hoaks rekrutmen yang mengatasnamakan PT KAI Dok. PT KAIHoaks rekrutmen yang mengatasnamakan PT KAI
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Rekrutmen pegawai palsu yang mencatut nama PT Kereta Api Indonesia (KAI) memakan korban.

Seorang pria di Cirebon, Jawa Barat, tertipu puluhan juta rupiah dengan rekrutmen palsu tersebut. Uang tersebut telah diberikan kepada pelaku penipuan.

"Korban telah membayar uang puluhan juta ke pelaku," kata Manager Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon, Luqman Arif, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/8/2020).

Ia mengungkapkan rekrutmen bodong itu diketahui saat korban mendatangi kantor PT KAI pada Kamis (6/8/2020) sore. Tepatnya, setelah korban mendapatkan surat kelulusan palsu.

Dalam surat bodong yang mencatut KAI itu, korban dinyatakan lulus menjadi anggota Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) dan akan dilantik pada 15 Agustus 2020 di Bandung.

Tak hanya itu, terdapat juga surat keterangan palsu mengatasnamakan PT KAI yang berisi biodata hingga jabatan untuk korban.

Kini, Luqman mengungkapkan, kasus penipuan yang mencatut nama PT KAI tersebut telah dilaporkan dan sedang diselidiki kepolisian setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hati-hati Penipuan, Jangan Berikan Kode OTP kepada Siapa Pun!

Isi surat palsu

Pada kasus tersebut korban mendapatkan dua surat palsu yang menampilkan logo PT KAI di bagian atas kanan, yakni pengumuman kelulusan dan surat keterangan pengangkatan pegawai.

Pada surat keterangan pegawai abal-abal itu, tertulis identitas korban disertai nomor induk pegawai, gelar, hingga pangkat. 

Dalam surat ini juga terdapat foto korban di bagian kanan atas. Surat juga mencantumkan tanda tangan palsu mengatasnamakan Kepala PT KAI Daop 1 Jakarta.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.