Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Hapus Unggahan Trump karena Dianggap Misinformasi soal Virus Corona

Kompas.com - 06/08/2020, 09:25 WIB
Mela Arnani,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Rabu (5/8/2020), Facebook Inc menghapus unggahan dalam akun Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Informasi yang diunggah Trump dianggap Facebook melanggar aturan untuk tidak membagikan informasi yang salah mengenai virus corona.

Melansir Reuters, 6 Agustus 2020, unggahan tersebut berupa video yang menampilkan wawancara dengan Fox & Friends pada hari sebelumnya. Dalam unggahannya, Trump menyebutkan bahwa anak-anak hampir kebal terhadap Covid-19.

"Video ini menyertakan klaim palsu bahwa sekelompok orang kebal dari Covid-19, yang merupakan pelanggaran kebijakan kami seputar misinformasi corona virus yang berbahaya," demikian pernyataan Juru Bicara Facebook.

Baca juga: Deretan Perusahaan yang Boikot Iklan di Facebook, dari Ford, Unilever hingga Microsoft

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, meski kasus Covid-19 sebagian besar diderita orang dewasa, sejumlah anak dan bayi juga ada yang terinfeksi virus corona.

Mereka juga dapat menularkannya kepada orang lain.

Tim kampanye Trump tidak segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar.

Selama pengarahan di Gedung Putih, Trump mengulangi klaimnya bahwa virus itu berdampak kecil pada anak-anak.

"Anak-anak menanganinya dengan sangat baik," ujar dia.

"Jika Anda melihat jumlahnya, dalam hal kematian untuk anak-anak di bawah usia tertentu, sistem kekebalan tubuh mereka sangat kuat dan sangat kuat. Mereka tampaknya dapat menanganinya dengan sangat baik dan itu menurut setiap klaim statistik," lanjut Trump.

Baca juga: Facebook Larang Iklan yang Mengklaim Sembuh dari Virus Corona 

Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara saat briefing rutin Covid-19, di Brady Press Briefing Room, Gedung Putih, Washington DC, AS, 3 Agustus 2020.REUTERS/JONATHAN ERNST Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara saat briefing rutin Covid-19, di Brady Press Briefing Room, Gedung Putih, Washington DC, AS, 3 Agustus 2020.
Juru bicara Facebook mengungkapkan, ini pertama kali pihaknya menghapus unggahan Trump karena misinformasi corona virus.

Hal ini juga menjadi contoh pertama perusahaan media sosial yang menghapus unggahan dari presiden karena melanggar aturan misinformasi.

Facebook telah menarik perhatian para anggota parlemen dan karyawannya sendiri dalam beberapa bulan terakhir karena dianggap tidak mengambil tindakan terhadap unggahan Trump yang dianggap menghasut.

Sebelumnya, Facebook telah menghapus iklan kampanye Trump karena melanggar aturan informasi yang salah terkait sensus nasional.

Selain itu, menghapus unggahan Trump dan iklan kampanye yang menunjukkan segitiga terbalik merah, simbol yang digunakan Nazi untuk mengidentifikasi tahanan politik, karena melanggar kebijakan Facebook soal kebencian terorganisir.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com