Deretan Perusahaan yang Boikot Iklan di Facebook, dari Ford, Unilever hingga Microsoft

Kompas.com - 03/07/2020, 07:31 WIB
Facebook User cnet.comFacebook User
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan ternama melakukan boikot iklan di media sosial Facebook. Keputusan boikot terjadi hanya dalam hitungan hari setelah kampanye #StopHateforProfit diluncurkan.

Bisnis iklan di media sosial Facebook sendiri pada 2019 menghasilkan 67,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 973,19 triliun, lebih dari 98 persen penghasilan total dalam tahun tersebut.

Sementara itu, di awal tahun ini telah terdapat 8 juta pengiklan di platform ini.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Facebook Diluncurkan, Bagaimana Kisah Awalnya?

Dari pengiklan itu, 100 merek dengan pengeluaran tertinggi menyumbang 4,2 miliar dollar dalam iklan Facebook tahun lalu atau sekitar 6 persen dari pendapatan Facebook.

Saham media sosial ini dikabarkan turun sebesar 8,3 persen pada 26 Juni 2020, menandai penurunan saham terbesar dalam tiga bulan terakhir lantaran perusahaan besar menarik iklannya dari Facebook.

Mana saja perusahaan yang melakukan boikot iklan di Facebook?

1. Ford, Honda, dan VW

Tiga perusahaan otomotif ternama di dunia, yaitu Ford, Honda, dan VW masuk dalam daftar perusahaan yang memboikot Facebook.

Ford mengumumkan niatnya menghentikan semua iklan di platform media sosial, khususnya Facebook.

Pabrikan terkenal lainnya, Honda telah lebih dulu memboikot iklannya di media sosial yang di dirikan oleh Mark Zuckerberg ini.

VW juga menyampaikan hal yang sama. Pihaknya turut memboikot iklannya di Facebook.

Baca juga: Di Balik Wisuda Drive-Thru UNS, dari Gunakan Mobil Listrik hingga Andong

2. Coca-Cola

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X