Laporkan 11 Kasus Corona, Vietnam Evakuasi 80.000 Orang dan Isolasi Kota Da Nang

Kompas.com - 28/07/2020, 16:15 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

KOMPAS.com - Vietnam kembali melaporkan adanya lonjakan kasus positif Covid-19 setelah dalam beberapa waku minim adanya kasus infeksi harian.

Pada Senin (27/7/2020) Vietnam melaporkan 11 kasus infeksi harian dikutip dari web resmi Covid-19 Vietnam dan Worldometers. 

Kementerian Kesehatan Vietnam pada Jumat (24/7/2020) mengatakan, seorang lelaki berusia 57 tahun dari Kota Da Nang dinyatakan positif Covid-19 setelah dites tiga kali.

Belum diketahui bagaimana pria itu terinfeksi. Dia mengaku tak pernah meninggalkan Da Nang selama hampir sebulan.

Tiga kasus lain kemudian dikonfirmasi pada Minggu (26/7/2020) yang melibatkan seorang remaja 17 tahun di Provinsi Quang Ngai, perempuan 71 tahun dan pria 61 tahun di Da Nang. Hingga saat ini, ada 15 kasus baru yang ditemukan di Vietnam.

Baca juga: Update Haji 2020: Detik-detik Kabah Diberi Wewangian Jelang Pelaksanaan Haji

Hal ini mendorong pemerintah bergerak cepat untuk mengantisipasi meluasnya kasus infeksi. Berikut sejumlah langkah yang dilakukan oleh Vietnam:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Evakuasi 80.000 orang

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (27/7/2020), Vietnam mengevakuasi sekitar 80.000 orang, sebagian merupakan turis lokal dari tempat pariwisata di kota Da Nang.

Meski negara itu masih tertutup untuk wisatawan asing, tetapi telah terjadi lonjakan wisatawan domestik yang ingin memanfaatkan diskon penerbangan dan paket liburan.

Mereka yang dievakuasi dari Da Nang diminta untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Seiring adanya kasus baru itu, Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc memerintahkan polisi untuk memperketat pengawasan dan menindak secara tegas warga asing yang masuk ke Vietnam secara ilegal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X