Izin Tinggal Darurat bagi WNA Selama Pandemi Corona, Ini Ketentuannya

Kompas.com - 28/06/2020, 08:03 WIB

Baca juga: 311 WNA Positif Covid-19 di Indonesia, 26 Meninggal Dunia

KOMPAS.com - Setiap orang asing yang tinggal di wilayah Indonesia, baik untuk waktu sementara maupun tetap, wajib memiliki izin tinggal.

Peraturan itu tertuang pada UU No. 6 tahun 2011 pasal 48 ayat (1).

Izin tinggal keimigrasian yang dapat dimiliki orang asing terdiri dari Izin Tinggal Kunjungan (ITK), Izin Tinggal Terbatas (Itas), dan Izin Tinggal Tetap (Itap).

Namun, pada saat pandemi virus corona menyerang seluruh dunia ada satu lagi izin tinggal yang dikeluarkan oleh Ditjen Imigrasi untuk orang asing, yaitu Emergency Stay Permit atau Izin Tinggal Darurat.

"Orang asing yang berada di Indonesia selama masa pandemi Covid-19 dan tidak bisa kembali ke negaranya karena lockdown dan tidak ada penerbangan, secara otomatis diberikan izin tinggal keadaan terpaksa tanpa harus mengajukan perpanjangan izin tinggalnya ke kantor imigrasi," kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang saat dihubungi Kompas.com (27/6/2020).

Arvin menjelaskan bahwa kebijakan ini dilakukan secara otomatis untuk menghindari kontak fisik yang dapat menjadi mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga: 311 WNA Positif Covid-19 di Indonesia, 26 Meninggal Dunia

Sementara itu, bagi warga negara asing (WNA) yang akan tinggal dan bekerja, dia tetap harus berkoordinasi dengan pemberi kerja untuk mengajukan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).

"Bagi WNA yang akan bekerja, maka si pemberi kerja harus mengajukan RPTKA kepada Kemnaker (Kementerian Tenaga Kerja). Setelah RPTKA ada, imigrasi memberikan izin tinggalnya," jelas Arvin.

Pembatasan perlintasan orang asing

Mengutip lama resmi Ditjen Imigrasi, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia, Pemerintah Republik Indonesia (RI) melakukan pembatasan perjalanan bagi dan orang asing ke wilayah Indonesia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.