Kompas.com - 27/06/2020, 19:05 WIB
Tangkapan layar video wisuda naik andong yang jadi viral di Twitter. Twitter: @collegemenfessTangkapan layar video wisuda naik andong yang jadi viral di Twitter.

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan prosesi wisuda mahasiswa menjadi viral di kalangan warganet Twitter. Sebab mahasiswa yang diwisuda terlihat menaiki andong atau kereta kuda saat menjalani prosesi wisuda.

Video tersebut diunggah oleh akun @collegemenfess dan telah diretweet sebanyak 5,4 ribu kali dan mendapat 13,3 ribu likes.

Warganet juga turut meramaikan kolom komentar unggahan video wisuda yang diketahui dilakukan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada hari ini 27 Juni 2020.

Konfirmasi Kompas.com

Untuk mengetahui alasan wisudawan UNS menjalani prosesi wisuda dengan menaiki andong, Kompas.com kemudian menghubungi Humas UNS untuk mendapatkan penjelasan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kompas.com (27/6/2020) prosesi wisudawan yang menaiki andong ternyata merupakan bagian dari Wisuda Luring dan Daring Periode III UNS yang dilaksanakan secara drive thru dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan.

Pada wisuda luring, sebanyak 15 lulusan cumlaude diwisuda oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Mereka dipilih untuk mewakili rekan-rekannya yang mengikuti jalannya wisuda melalui siaran langsung Youtube UNS.

Sembari mengenakan toga wisuda, lulusan cumlaude UNS mengendarai tranportasi ramah lingkungan, seperti becak, andong, sepeda, motor elektrik, dan mobil elektrik yang menggunakan baterai lithium buatan Pusat Unggulan Ipteks (PUI) UNS.

Transportasi yang mereka kendarai secara beriringan berhenti di depan Gedung Rektorat dr. Prakosa untuk menunggu Prof. Jamal menyampirkan toga wisuda.

Baca juga: Wisuda Drive Thru”, PAUD Ini Rayakan Kelulusan Minimkan Kontak langsung

 

Selanjutnya, Prof. Jamal beserta Ketua Senat UNS, Prof. Adi Sulistiyono, kembali ke Gedung Audiotirum G. P. H Haryo Mataram untuk mengikuti prosesi pembacaan nama-nama wisudawan.

Dalam sambutannya, Prof. Jamal mengatakan penyelenggaraan wisuda periode III kali ini merupakan bentuk pengimplementasian physical distancing dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.