Texas Dibuka Kembali, Muncul Peningkatan Kasus Infeksi yang Berisiko

Kompas.com - 27/06/2020, 20:21 WIB
Ilustrasi pasien virus corona KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi pasien virus corona

KOMPAS.com - Ketika Texas membuka kembali wilayahnya pada bulan lalu, membuat milenial melanggar aturan jarak sosial untuk berbelanja dalam dua minggu ke depan.

Pembukaan ini berhubungan dengan kembalinya ekonomi yang lebih ganas, direplikasi di negara-negara selatan seperti Florida dan South Carolina.

Dilansir dari Reuters, Jumat (26/6/2020), pembukaan justru menjadi bumerang bagi dua wilayah ini lantaran bertumbuhnya kasus-kasus virus corona baru.

Laporan tentang meluasnya wabah di tempat-tempat seperti Florida dan Texas telah mencatat bahwa saat ini orang dewasa muda yang terinfeksi Covid-19 semakin meluas.

Kondisi ini diperparah dengan beberapa daerah mundur pada rencana pembukaan kembali wilayah. Selain itu, beberapa orang Amerika yang memilah diri mereka yang mau mengambil risiko lebih banyak terpapar dan mereka masih mematuhi pedoman kesehatan.

Penurunan kematian harian baru-baru ini juga dimungkinkan cepat berlalu.

Baca juga: Masa Suram Bisnis Prostitusi Bangladesh Akibat Corona

Pemulihan yang berisiko

Sementara itu, tingkat rawat inap dikabarkan meningkat di Texas.

Para ahli kesehatan memperingatkan bahwa penyebaran virus di antara mereka berisiko lebih rendah dari penyakit serius, termasuk orang dewasa muda, yang akhirnya menyebar ke warga yang lebih berisiko komplikasi serius.

"Ada pencampuran yang tidak terhindarkan. Anda mungkin akan melihat peningkatan kematian,"ujar sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins, Amesh Adalja.

Dan dinamika itu terbukti beracun bagi pemulihan ekonomi apa pun.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X