Tanggapi Klaster Baru Covid-19, Para Pengantar Paket di Beijing Jalani Tes Swab

Kompas.com - 20/06/2020, 20:48 WIB
Polisi yang mengenakan masker terlihat di luar Pasar Grosir Xinfadi, yang ditutup karena adanya penyebaran baru virus corona, di Beijing, China, pada 13 Juni 2020. REUTERS PHOTO/Martin PollardPolisi yang mengenakan masker terlihat di luar Pasar Grosir Xinfadi, yang ditutup karena adanya penyebaran baru virus corona, di Beijing, China, pada 13 Juni 2020.

KOMPAS.com - Pihak berwenang di Beijing kini tengah melakukan uji asam nukleat pada seluruh personel pengiriman makanan dan paket.

Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan wabah virus corona yang kembali menyebar.

Mengutip Channel News Asia, 20 Juni 2020, pihak berwenang pun telah melakukan perluasan pengujian sejak klaster baru dari infeksi Covid-19 diidentifikasi minggu lalu.

Wabah tersebut saat ini telah melewati angka puncak sebelumnya pada awal Februari 2020.

Adapun tes asam nukleat mencakup pengambilan sampel swab dari para personil pengiriman makanan dan diuji apakah ada genome virus corona di dalamnya.

Baca juga: Jadi Syarat Saat Bepergian di Era New Normal, Apa Itu PCR dan Mengapa Mahal?

Cakupan pengujian

Awalnya, pengujian Covid-19 ini difokuskan pada wilayah pemukiman di dekat pasar Xinfandi, tempat di mana klaster baru virus corona ini diidentifikasi di Beijing.

Selain itu, juga bagi orang-orang yang bekerja dan berbelanja di sana.

Akan tetapi, saat ini, pihak berwenang menargetkan puluhan ribu petugas pengiriman yang secara teratur melintasi kota.

Adanya pengujian ini juga dikonfirmasi oleh para petugas pengiriman dan perusahaan pengiriman makanan.

Baca juga: Ramai soal Biaya Penanganan Pasien Covid-19 sampai Ratusan Juta, Ini Penjelasannya...

Pada Jumat (19/6/2020), firma pengiriman makanan Meituan Dianping mengonfirmasi bahwa seluruh petugas pengantarannya di Beijing akan diperiksa.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X