Polda DIY Berikan Pelayanan Pembuatan SIM Gratis 1 Juli, Apa Saja Syaratnya?

Kompas.com - 20/06/2020, 20:09 WIB
Pembuatan SIM yang menggunakan sistem E Drives dengan menggunakan empat sensor elektronik Dok. Ditlantas PMJPembuatan SIM yang menggunakan sistem E Drives dengan menggunakan empat sensor elektronik

KOMPAS.com - Sejumlah kantor kepolisian di wilayah Indonesia akan memberian pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis kepada masyarakat.

Layanan ini diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat di Hari Bhayangkara ke-74, 1 Juli mendatang.

Saat dikonfirmasi, Kepala Korlantas Polri Irjen (Pol) Istiono membenarkan informasi tersebut dengan prasyarat tertentu.

"Iya gratis, yang lahirnya 1 Juli," jawabnya kepada Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Dihubungi secara terpisah. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas) Kombes Pol Yusuf juga membenarkan informasi tersebut.

Ia menyebut bahwa informasi detail terkait persyaratan yang dibutuhkan untuk memperoleh layanan ini telah disampaikan kepada Dirlantas di masing-masing daerah.

Baca juga: Polri Rilis Layanan Pembuatan SIM Internasional, Apa Itu?

Polda DIY

Pembuatan SIM yang menggunakan sistem E Drives dengan menggunakan empat sensor elektronikDok. Ditlantas PMJ Pembuatan SIM yang menggunakan sistem E Drives dengan menggunakan empat sensor elektronik

Salah satu kantor kepolisian yang diketahui akan memberikan layanan pembuatan SIM gratis ini adalah Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Sebenarnya bukan gratis. Biaya penerbitan SIM itu masuk ke dalam pendapatan negara bukan pajak (PNBP), sehingga harus tetap dibayarkan ke negara. Nah, dalam momen ini, bagi yang memenuhi syarat, biaya PNBP-nya akan dibayarkan," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Lantas, apa saja syarat-syaratnya?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X