Jadi Syarat Saat Bepergian di Era New Normal, Apa Itu PCR dan Mengapa Mahal?

Kompas.com - 13/06/2020, 08:50 WIB
Tangkapan layar twit warganet yang mengeluhkan harga tes PCR yang sangat mahal. Twitter: Aes ajahTangkapan layar twit warganet yang mengeluhkan harga tes PCR yang sangat mahal.

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020. Surat ini mengatur kriteria dan syarat perjalanan orang di masa adaptasi new normal.

Surat edaran tersebut disusun dengan maksud sebagai panduan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal menuju kehidupan produktif dan aman Covid-19.

Dalam SE tersebut dijelaskan setiap individu yang melakukan perjalanan orang dengan transportasi umum darat, perkeretaapian, laut dan udara harus memenuhi persyaratan.

Baca juga: Viral, Unggahan Diagnosis Berkode CVD Dikira Covid-19, Ini Penjelasan Dokter

Salah satunya yakni dapat menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif. Hal itu diperlukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Namun, sejumlah warganet pun sangat menyangsikan mengenai mahalnya tes PCR daripada harga tiket kereta dan juga pada penerbangan.

"Kenapa mesti ada hasil tes rapid/pcr, itu mahal admin,," tulis akun Twitter @hapit_cuapz.

Baca juga: Mengenal Apa Itu OTG dan Bagaimana Mengujinya?

"Dalam penanganan kasus covid 19 hanya berpikir jangka pendek dan kisaran provit, contohnya tes PCR yang sangat MAHAL," tulis akun @OliverR33640966.

Baca juga: Viral, Video Seorang Ibu di Cirebon Diduga Siksa Anaknya, Ini Penjelasan Polisi

"Bukan cuma tenaga medis yg gak bisa ketemu keluarga.. wong kere seperti Saya sdh lebih 3 bulan gak ketemu anak2 secara langsung.. sekarang udah ada tiket kereta murah, tapi harus tes pcr yg mahal..," tulis akun @AjahAes dalam twitnya.

Baca juga: Viral, Video Seorang Pria di Langsa Rusak Knalpot Sepeda Motornya Sendiri, Apa Sebabnya?

Baca juga: Viral Video Kecelakaan Tunggal di Tol Pemalang-Batang, Mobil Ditembus Besi Pembatas Jalan

Lantas, apa itu tes PCR dan mengapa harganya mahal?

Wakil Direktur Pendidikan dan Diklit sekaligus Jubir Satgas Covid-19 UNS dr Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, tes PCR bertujuan untuk memeriksa ada atau tidaknya RNA virus corona penyebab Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X