Foto Viral Pria Kulit Hitam Selamatkan Pria Kulit Putih dalam Demo Black Lives Matter

Kompas.com - 15/06/2020, 12:02 WIB
Patrick Hutchinson saat menyelamatkan pria kulit putih dari amukan massa. REUTERS via BBC IndonesiaPatrick Hutchinson saat menyelamatkan pria kulit putih dari amukan massa.

 

KOMPAS.com - Sebuah foto seorang pria berkulit hitam memanggul pria lain yang berkulit putih viral di jagat maya pada Minggu (14/6/2020).

Diketahui, foto tersebut diambil pada Sabtu (13/6/2020) sore dalam sebuah unjuk rasa Black Lives Matter di London, Inggris.

Melansir The Guardian, Minggu (14/6/2020), pria berkulit hitam yang ada dalam foto itu bernama Patrick Hutchinson.

Sementara pria berkulit putih yang dipanggulnya adalah seseorang dari kelompok yang kontra terhadap unjuk rasa Black Lives Matter yang sedang berlangsung.

Pria itu terluka saat kedua kelompok massa saling berbenturan. Naas, ia ditangkap dan dalam kondisi yang terancam, sedangkan teman-teman dari kelompoknya meninggalkannya.

Patrick memutuskan untuk bertindak dan membantu pria itu dengan membawanya ke area yang lebih aman.

"Nyawanya ada dalam bahaya, jadi saya bergerak, menghampirinya, dan memanggulnya di pundak saya. Kemudian, saya membawanya menuju ke polisi," kata Patrick menjelaskan alasannya.

Baca juga: Demo George Floyd, 5 Patung Tokoh Dunia Ini Dirusak Massa dan Ada yang Dibuang

Meninggalnya George Floyd

Patrick mengikuti aksi unjuk rasa ini atas dasar ketidaksetujuannya terhadap tindakan yang dilakukan petugas kepolisian Minneapolis yang menyebabkan meninggalnya George Floyd.

Patrick yang ahli dalam hal bela diri dan keamanan ingin mencoba menjaga perdamaian.

"Jika tiga anggota polisi lain yang ada di sekitar George Floyd berpikir untuk bertindak dan menghentikan tindakan rekannya, seperti yang kita lakukan (terhadap pria berkulit putih ini), George Floyd masih akan hidup hari ini," kata Patrick.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X