Viral, Video Anjuran Jangan Berkumur Setelah Sikat Gigi, Ternyata Ada Alasannya

Kompas.com - 15/06/2020, 10:47 WIB
Tangkapan layar video untuk tidak melakukan kumur setelah sikat gigi Twitter/@profatittiesTangkapan layar video untuk tidak melakukan kumur setelah sikat gigi

KOMPAS.com - Sebuah video TikTok yang berisi tentang informasi bahwa berkumur setelah sikat gigi bukan langkah yang benar, beredar di media sosial Twitter.

Dalam video tersebut, dinarasikan langkah-langkah menggosok gigi yang sering dilakukan selama ini beserta klaim bahwa setelah sikat gigi tidak dianjurkan untuk berkumur. 

"Gunakan pasta gigi hanya sebesar kacang kedelai untuk dewasa. Menyikat gigi. Setelah sikat gigi, kalian pasti langsung kumur kan?? Ternyata itu salah!! Yang benar itu...Tidak boleh kumur!! Diludahin aja pasta giginya, lalu, bilas bibir menggunakan air," demikian teks yang terlihat pada video yang beredar.

Video tersebut salah satunya diunggah di media sosial Twitter oleh akun @profatitties pada 11 Juni 2020.

Hingga Senin (15/6/2020) pukul 08.00 WIB, unggahan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak lebih dari 6.000 kali.

Berbagai respons pun disampaikan oleh warganet dalam balasan terhadap unggahan ini:

"Hah? Terus ditelen aja sisa pasta giginya?!" tulis akun @rehuellahangela.

"Ga juga sih. Tapi emang abis sikat gigi jangan langsung dikumur, didiemin dulu di dalem mulut beberapa saat baru kumur", tulis akun @parlinurtani.

Baca juga: Viral, Utas Kisah Raffy yang Memilih Jadi Petani Setelah Lulus Kuliah

Benarkah narasi yang disampaikan dalam video tersebut?

Penjelasan dokter gigi

Ilustrasi sikat gigiShutterstock Ilustrasi sikat gigi
Untuk mengklarifikasi informasi yang beredar tersebut, Kompas.com menghubungi seorang dokter gigi yang membuka praktik di kawasan Jakarta Selatan, drg. Sabai Asmaraghrya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X