Mustakim
Jurnalis

Produser Program Talk Show Satu Meja The Forum di Kompas TV
Satu Meja The Forum tayang setiap Rabu pukul 20.30 WIB LIVE di Kompas TV

Pembukaan Mal, Dalih Ekonomi dan Ancaman Meningkatnya Pandemi Covid-19

Kompas.com - 15/06/2020, 06:06 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini


HARI ini, Senin (15/6/2020) puluhan pusat perbelanjaan dan mal di DKI Jakarta dibuka. Setidaknya ada sekitar 80 mal yang mulai beroperasi kembali.

Pembukaan mal dan pusat perbelanjaan ini merupakan implementasi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang PSBB dengan sejumlah kelonggaran di sektor ekonomi. Salah satunya merestui mal dan pusat perbelanjaan kembali beroperasi.

Kebijakan ini merupakan ikhtiar guna memulihkan ekonomi yang tersendat akibat pandemi.

DKI Jakarta tak sendiri. Di hari yang sama Pemerintah Kota Bandung juga melakukan langkah serupa.

Dengan menerapkan PSBB proporsional, pemerintah Kota Bandung mengizinkan mal dan pusat perbelanjaan kembali beroperasi demi menggerakkan ekonomi. Ada sekitar 23 mal dan pusat perbelanjaan di Kota Kembang ini yang akan dibuka kembali.

Sementara Pemerintah Kota Bekasi sudah lebih dulu mengizinkan mal dan pusat perbelanjaan beroperasi. Mal dan pusat perbelanjaan di kota penyangga Ibu Kota ini sudah mulai dibuka secara bertahap sejak pekan lalu.

Tak hanya DKI Jakarta, Bandung dan Bekasi, sejumlah kota lain juga melakukan kebijakan serupa, yakni mengizinkan mal dan pusat perbelanjaan kembali beroperasi.

Meski demikian, pembukaan mal dan pusat perbelanjaan tersebut akan diiringi penerapan protokol kesehatan yang ketat. Misalnya membatasi daya tampung, pemeriksaan suhu tubuh, menerapkan ‘physical distancing’ dan mewajibkan pengunjung mengenakan masker. Seluruh kasir di tenant-tenant juga diwajibkan menggunakan pelindung wajah (face shield).

Demi ekonomi

Pembukaan mal dan pusat perbelanjaan ini merupakan salah satu upaya pemerintah membangkitkan kembali roda ekonomi yang nyaris berhenti selama pandemi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.