Tantangan #WisudaLDR2020, Cara Berempati pada Lulusan di Era Pandemi

Kompas.com - 06/06/2020, 19:31 WIB
Unggahan Instagram dengan tagar wisuda LDR 2020 InstagramUnggahan Instagram dengan tagar wisuda LDR 2020

KOMPAS.com - Media sosial di Indonesia, khususnya Instagram banyak diramaikan dengan unggahan foto wisuda disertai tagar Wisuda LDR 2020 beberapa waktu terakhir.

Diketahui, salah satu tokoh yang menginisiasi tagar ini adalah jurnalis sekaligus pendiri Narasi TV, Najwa Shihab yang mengunggah foto dirinya mengenakan toga, di Instagram pada Kamis (4/6/2020).

Dalam unggahan itu, Najwa menuliskan tujuan dari tantangan #wisudaldr2020 yang ia buat untuk merayakan pencapaian teman-teman yang tahun ini lulus namun tidak bisa mengikuti wisuda akibat pandemi.

Baca juga: Rektor Termuda Risa Santoso Bolehkan Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi, Ini Tanggapan Dikti

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#WisudaLDR2020 saya posting foto wisuda lawas ini bukan untuk bikin adek2 angkatan 2020 sedih karena gak bisa wisuda secara fisik, justru sebaliknya. Ini ajakan untuk kakak-kakak lulusan sebelum 2020 yang pernah merasakan wisuda fisik utk kasih pesan semangat utk adek-adek lulusan 2020 sambil nostalgia. Kita semua sama-sama belajar dan berjuang bertahun-tahun. Sama-sama merasakan gimana begadang nyusun skripsi atau tugas akhir. Revisi, revisi, dan revisi. Apalagi untuk adik-adik lulusan 2020, yang spesial karena berhasil lulus di tengah pandemi. Kita akan buat #WisudaLDR2020 khusus untuk kalian, karena setiap pencapaian layak dirayakan. Saya mau ajak mas @erickthohir @sandiuno @meutya_hafid @therealdisastr @nicholassaputra @iwetramadhan @maudyayunda untuk juga posting foto wisudanya sambil kasih semangat ke adek2 angkatan LDR 2020. Yang lain posting juga ya. Will repost some of them! #WisudaLDR2020 #CatatanNajwa #narasi

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on Jun 4, 2020 at 4:28am PDT

Baca juga: Kisah di Balik Viralnya Kado Saham Wisuda Mahasiswi UI

Tak lupa, ia pun menandai sejumlah tokoh untuk melakukan hal yang sama, misalnya Menteri BUMN Erick Thohir, mantan calon presiden Indonesia Sandiaga Uno, aktris sekaligus aktivis Dian Sastrowardoyo, penyanyi dan pemain film Maudy Ayunda, dan lain-lain.

Mereka pun merespons tantangan yang diberikan Najwa dengan mengunggah foto wisuda mereka beserta ucapan selamat dan semangat kepada adik-adik yang terpaksa tidak bisa merayakan kelulusan dengan acara wisuda.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda) on Jun 5, 2020 at 8:28pm PDT

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) on Jun 4, 2020 at 8:32pm PDT

Baca juga: PKN STAN Batalkan Pendaftaran Mahasiswa Baru 2020, Simak Penjelasan Resminya

Hingga Sabtu (6/6/2020) sore, sudah terdapat 4.715 unggahan di Instagram yang menggunakan tagar #wisudaldr2020.

Fenomena apakah ini?

Pengamat media sosial Iwan Septiyawan menyebut hal ini bisa mendatangkan efek positif dan sebaliknya bagi obyek yang disasar, yakni para pelajar dan mahasiswa yang lulus namun tidak bisa merayakan wisuda kali ini.

"Posting wisuda lama ini memberikan gambaran kepada meraka yang tidak pernah merasakan wisuda fisik, namun bisa juga berpotensi memunculkan rasa sedih dan kecewa bagi mereka yang saat ini tidak bisa melakukan hal yang sama," jelas Iwan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (6/6/2020).

Namun terlepas dari itu semua, Iwan meyakini teman-teman yang lulus pada "tahun corona" ini merupakan generasi spesial yang hebat karena bisa menghadapi tantangan yang tidak biasa.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X