Kompas.com - 06/06/2020, 16:03 WIB
Tangkapan layar dari tetris versi IBM PC tahun 1986 dikembangkan oleh Dmitry Pavlovsky dan Vadim Gerasimov tetris.comTangkapan layar dari tetris versi IBM PC tahun 1986 dikembangkan oleh Dmitry Pavlovsky dan Vadim Gerasimov

KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal Tetris? Hampir semua orang pasti pernah memainkan permainan virtual yang meminta pemainnya menyusun balok-balok geometris ini.

Permainan ini diciptakan 36 tahun yang lalu, tepatnya pada 6 Juni 1984. Namun, permainan populer ini awalnya tidak dirancang sebagai sebuah video game.

Tetris diciptakan sebagai alat untuk mengukur performa komputer.

Melansir CNN, Jumat (1/11/2019), permainan Tetris ini berawal dari Alexey Pajitnov.

Ia merupakan seorang insinyur perangkat lunak di Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet, Moskow. Tugasnya yakni menguji komputer jenis baru, Electronika 60.

Untuk melakukannya, ia menciptakan permainan sederhana berdasarkan permainan puzzle yang pernah ia mainkan semasa kanak-kanak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenang Kurt Cobain, Ikon Musik Rock Modern

Permainan sederhana ini akan membantu menilai seberapa kuat komputer itu dan memberikan sedikit hiburan saat melakukan pengujian.

Pajitnov tidak menyangka bahwa permainan ini justru menjadi salah satu video game terbaik dan paling digandrungi sepanjang masa.

"Saya tidak bisa menahan diri untuk tidak memainkan versi prototipe ini, karena sangat adiktif untuk menyatukan balok-baloknya," kata Pajitnov.

Baca juga: Mengenang 25 Tahun Kepergian Nike Ardila, seperti Apa Perjalanan Hidupnya?

Fenomena baru

Permainan Tetriswikipedia.org Permainan Tetris

Meskipun Tetris langsung populer di kalangan programmer, namun aksesnya terbatas hanya pada mesin Electronika 60.

Mesin ini tidak memiliki kemampuan grafis dan kapasitas memorinya sangat terbatas, bahkan lebih kecil daripada kalkulator modern.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.