Viral Twit soal Kondisi Tubuh Ketika Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 04/06/2020, 17:35 WIB
Ilustrasi virus corona, vaksin virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona, vaksin virus corona

KOMPAS.com - Media sosial tengah diramaikan mengenai kondisi tubuh yang terinfeksi virus corona.

Seperti yang diketahui, virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2 tengah merebak secara global dan menyebabkan gangguan kesulitan bernapas.

Dalam sebuah unggahan di media sosial disebutkan virus corona menyerang saluran pernapasan dan organ lainnya.

Baca juga: Mengenal RT-LAMP, Alternatif Tes Covid-19 yang Disebut Lebih Murah daripada PCR

Lantas, bagaimana penjelasan dokter mengenai efek yang terjadi pada tubuh ketika terinfeksi virus corona?

Menyikapi hal itu, dokter spesialis paru dan konsultan onkologi di Rumah Sakit Umum Pirngadi, Kota Medan dr Mohammad Ramadhani Soeroso menjelaskan, setelah terjadi transmisi yang berasal dari droplet pasien positif Covid-19 atau virus yang masuk melalui mata, hidung, dan mulut, maka virus akan masuk ke saluran napas atas dan bereplikasi di sel epitel saluran napas atas.

"Setelah masuk, virus menyebar ke saluran napas bawah," ujar Ramadhani saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Saat virus berhasil menyebar, pada infeksi akut terjadi peluruhan virus dari saluran napas dan virus dapat berlanjut meluruh dalam beberapa waktu di sel gastriintestinal setelah penyembuhan.

Adapun sel gastrointestinal merupakan saluran yang memproses makanan yang dicerna dengan cara mekanis dan kimia. Saluran ini terdiri dari saluran pencernaan yang membentang dari mulut ke anus.

Baca juga: Viral Pesan dan Foto Kondisi Paru-paru Anak 7 Tahun Penuh Cairan Diduga Covid-19

Masa inkubasi

Tangkapan layar kondisi paru-paru diduga milik seorang pasien anak berusia 7 tahun yang positif virus corona. Paru-paru kiri dan kanan disebut telah dipenuhi cairan akibat virus.Facebook: Moh Ramadhani Soeroso Tangkapan layar kondisi paru-paru diduga milik seorang pasien anak berusia 7 tahun yang positif virus corona. Paru-paru kiri dan kanan disebut telah dipenuhi cairan akibat virus.

Sementara itu, saat virus masuk ke dalam tubuh, ada selang waktu yang berlangsung terhadap patogen hingga muncul gejala pertama kali atau dikenal sebagai masa inkubasi.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X