Ilmuwan Ragukan Penelitian soal Hidroksiklorokuin, WHO Lanjutkan Uji Coba

Kompas.com - 04/06/2020, 20:02 WIB
Ilustrasi Hydroxychloroquine Sonis PhotographyIlustrasi Hydroxychloroquine

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) pada Rabu (3/6/2020) mengumumkan dimulainya kembali uji coba hidroksiklorokuin setelah The Lancet meragukan hasil penelitian berskala besar yang dipublikasikan bulan lalu.

Jurnal medis itu mengeluarkan keprihatianannya atas studi berskala besar hidoksiklorokuin yang menyebabkan WHO menghentikan uji klinisnya.

Puluhan ilmuwan juga telah mengeluarkan surat terbuka yang berisi kekhawatiran akan metodologi dan data yang mendasari penelitian tersebut.

Diketahui, data dari penelitian itu disediakan oleh perusahaan Surgisphere yang berpusat di AS.

"Meskipun audit independen soal asal dan validitas data telah dilakukan oleh penulis yang tidak berafiliasi dengan Surgisphere dan sedang berlangsung, kami mengingatkan pembaca tentang fakta bahwa pertanyaan ilmiah serius telah menjadi perhatian kami," demikian The Lancet, dilansir dari AFP, Kamis (4/6/2020).

Studi pengamatan itu mengamati 96.000 pasien dan menyimpulkan bahwa pengobatan dengan hidroksiklorokuin tidak menunjukkan manfaat dalam pengobatan Covid-19.

Bahkan, pengobatan itu disebut dapat meningkatkan kemungkinan pasien meninggal.

Perancis adalah salah satu negara yang menghentikan pengobatan Covid-19 menggunakan hidroksiklorokuin.

Penelitian tersebut memicu kontroversi baru tentang penggunaan hidroksiklorokuin yang telah didukung oleh sejumlah tokoh publik, termasuk Presiden AS Donald Trump.

Baca juga: Update Virus Corona Dunia 4 Juni: 6,5 Juta Orang Terinfeksi | WHO Lanjutkan Uji Coba Hidroksiklorokuin

Kekhawatiran data

Penelitian yang dipimpin oleh Mandeep Mehra dari Brigham and Women's Hospital AS melihat data dari ratusan rumah sakit antara Desember dan April.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X