Bos-bos Mafia Italia Bisa Bebas dari Penjara dengan Alasan Bahaya Corona

Kompas.com - 24/04/2020, 16:15 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Lusinan bos mafia bisa dilepaskan dari penjara di seluruh Italia dengan alasan risiko infeksi virus corona Covid-19.

Sebelumnya hakim Italia telah membebaskan setidaknya tiga mafia berusia lanjut, dan menempatkan mereka di bawah tahanan rumah.

Majalah berita L'Espresso pada hari Rabu melaporkan bahwa seorang hakim di Milan telah memerintahkan pembebasan salah satu bos mafia paling berpengaruh dari Cosa Nostra, Francesco Bonura (78) yang menjalani hukuman 23 tahun penjara.

Alasan pembebasan Bonura dari penjara untuk tahanan rumah disebutkan terkait alasan kesehatan.

Baca juga: Klan Mafia Italia Manfaatkan Situasi di Tengah Wabah Virus Corona

Bos-bos mafia

Dikutip dari Guardian, dalam beberapa pekan terakhir, hakim juga memerintahkan pembebasan dari penjara Vincenzino Iannazzo (65), dan Rocco Santo Filippone (72), yang keduanya diduga sebagai bos 'Ndrangheta.

Hakim khawatir bahwa infeksi virus corona Covid-19 bisa berisiko mematikan bagi Filippone karena dia menderita penyakit kardiovaskular yang serius.

"Ini adalah situasi yang sangat mengkhawatirkan," kata Leo Beneduci, sekretaris jenderal Osapp, serikat petugas polisi penjara terbesar Italia. 

“Di Italia ada sekitar 12.000 anggota organisasi kriminal di penjara. Anggota polisi penjara mulai melaporkan tahanan yang saling merangkul dengan dugaan tujuan meningkatkan kemungkinan tertular virus dan dibebaskan dari penjara,” ujar Beneduci.

Departemen polisi penjara Italia menyebarkan memo internal, yang dilihat oleh Guardian, meminta pejabat penjara untuk nama-nama tahanan yang menderita penyakit tertentu dan yang berusia di atas 70 tahun untuk dibebaskan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X