Larangan Mudik, Ini Daftar Stasiun dan Cara untuk Refund Tiket Kereta Api

Kompas.com - 24/04/2020, 12:08 WIB
Sejumlah penumpang bersiap menaiki Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Pada hari pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) penumpang kereta api menuju Jakarta diatur untuk menjaga jarak fisik dan jumlah penumpang dibatasi. ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAHSejumlah penumpang bersiap menaiki Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Pada hari pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) penumpang kereta api menuju Jakarta diatur untuk menjaga jarak fisik dan jumlah penumpang dibatasi.

KOMPAS.com - Pemerintah mulai memberlakukan larangan mudik mulai hari ini, Jumat (24/4/2020).

Larangan mudik ini merupakan langkah pemerintah untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona di masyarakat.

Dengan adanya larangan mudik, layanan komersil sejumlah moda transportasi dihentikan, termasuk kereta api.

Operasional layanan penumpang kereta api dihentikan mulai 24 April 2020 hingga 15 Juni 2020.

Bagi calon penumpang yang telanjur membeli tiket kereta api dapat membatalkan dan me-refund pembayaran dengan datang langsung ke stasiun maupun melalui KAI Access.

Baca juga: Ini Daftar Kendaraan yang Dibebaskan dari Aturan Larangan Mudik

Berikut cara melakukan refund dan daftar stasiun untuk pengurusan pengembalian tiket:

Refund di stasiun

VP Public Relation KAI Joni Martinus, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/4/2020), menjelaskan, pengembalian uang secara tunai bisa dilakukan di stasiun yang telah ditunjuk.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Penumpang menyerahkan formulir pembatalan yang disertai keterangan pembatalan tiket atau dilampiri bukti transaksi pembatalan di loket stasiun yang ditunjuk.
  • Penumpang menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai dengan data pada formulir pembatalan atau bukti transaksi pembatalan.
  • Penumpang membubuhkan nama dan tanda tangan pada bagian belakang formulir pembatalan atau bukti transaksi pengembalian dana.

Adapun biaya tiket yang dibatalkan dapat diambil di stasiun yang ditunjuk secara tunai 30 hari sejak permohonan pembatalan diajukan.

Khusus bagi turis asing, pengembalian biaya tiket yang dibatalkan diberikan secara tunai langsung di stasiun tempat pembatalan pada saat pembatalan tiket.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X