Indonesia Gelontorkan Rp 10,3 Triliun untuk Lawan Virus Corona, Simak Rinciannya

Kompas.com - 26/02/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Indonesia memberikan insentif fiskal untuk sektor pariwisata, maskapai penerbangan, dan perumahan yang terdampak dari wabah mematikan virus corona

Upaya ini dilakukan untuk tetap meningkatkan pertumbuhan ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Mengutip Bloomberg, pemerintah RI akan membebaskan pajak atas hotel dan restoran di 10 tujuan wisata utama selama tiga bulan dimulai dari 1 Maret 2020.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto setelah pertemuan kabinet.

Sementara itu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa PT Pertamina akan menjual bahan bakar jet dengan harga murah kepada maskapai.

Kebijakan ini dilakukan untuk membuat mereka mampu menawarkan diskon sebanyak 30 persen pada seperampat kursi mereka untuk tujuan-tujuan pariwisata ini. 

Baca juga: iPhone di China Catat Kenaikan di Tengah Wabah Virus Corona

Insentif Rp 10,2 triliun

Pemerintah akan mengeluarkan insentif fiskal sebesar Rp 10,2 triliun atau sekitar 742 juta dollar AS.

Dari angka tersebut sudah termasuk sekitar Rp 3,3 triliun akan diberikan sebagai hibah kepada pemerintah daerah yang terkena dampak penurunan kedatangan wisatawan. 

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishutama Kusbandio, mengatakan bahwa stimulus untuk pariwisata dan sektor terkait dapat membantu menarik lebih banyak pengunjung dan menjaring pendapatan devisa sebesar Rp 13 triliun.

"Insentif tersebut akan melengkapi pemotongan suku bunga bank sentral minggu lalu dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi," kata Sri Mulyani. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X