Berikut 5 Posko Evakuasi Hewan Peliharaan Korban Banjir Jakarta

Kompas.com - 26/02/2020, 16:00 WIB
Warga menggunakan karet perahu membawa seekor anjing untuk menggungsi saat banjir di Karet Sawah 2, Kelurahan Karet, Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (25/2/2020). Hujan deras sejak Senin dini hari membuat sejumlah daerah di Ibu Kota tergenang banjir. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGWarga menggunakan karet perahu membawa seekor anjing untuk menggungsi saat banjir di Karet Sawah 2, Kelurahan Karet, Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (25/2/2020). Hujan deras sejak Senin dini hari membuat sejumlah daerah di Ibu Kota tergenang banjir.

KOMPAS.com - Di tengah bencana banjir Jakarta beberapa hari ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) membuka posko evakuasi dan pengobatan hewan peliharaan.

Posko tersebut dibuka di 5 titik kota administrasi.

Menurut petugas Bidang Peternakan DKPKP DKI Jakarta mengatakan, pelayanan ini bisa didapatkan warga Jakarta secara cuma-cuma.

"Gratis lah, kita namanya Pemda, Pemerintah. Pasti gratis," ujar petugas perempuan yang dihubungi Kompas.com, Rabu (26/2/2020).

Menurut petugas tersebut, warga yang merasa membutuhkan bantuan medis untuk binatang peliharaannya, bisa langsung membawanya ke lokasi posko, atau terlebih dahulu menghubungi kontak yang tertera.

Kebanyakan warga membawa hewan peliharaan berupa kucing atau anjing ke posko ini. Namun sejauh ini belum ada data yang terkumpul soal berapa banyak hewan yang ditangani.

"Kebanyakan teman-teman itu pelayanan pengobatan, kayak klinik keliling gitu. Kalau di posko itu ada klinik pelayanan pengobatan untuk hewan-hewan kesayangan yang sakit akibat terdampak banjir," ungkapnya.

Baca juga: Begini Media-media Asing Beritakan Banjir Jakarta Hari Ini

Hewan-hewan itu kemudian diberi pertolongan di posko atau dibawa ke Puskeswan untuk mendapatkan pertolongan leboh lanjut.

Setelah tertangani, mereka akan dikembalikan kepada pemiliknya.

"Kalau memang si pemilik mau ambil lagi silakan, tapi kalau enggak nanti kita akan bawa ke shalter kami yang ada di Ragunan," jelasnya.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X