Dari Pendeta hingga Presiden, Ini Reaksi Warga Korea saat Film Parasite Menang Oscar

Kompas.com - 11/02/2020, 15:50 WIB
Pemain dan kru film Parasite berpose dengan piala penghargaan Best Picture Award pada Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020, di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (9/2/2020). Tahun ini, film Parasite berhasil memborong empat piala pada ajang bergengsi yang memberikan penghargaan bagi insan film dengan pencapaian tertinggi itu. AFP/AMPAS/MATT PETITPemain dan kru film Parasite berpose dengan piala penghargaan Best Picture Award pada Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020, di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (9/2/2020). Tahun ini, film Parasite berhasil memborong empat piala pada ajang bergengsi yang memberikan penghargaan bagi insan film dengan pencapaian tertinggi itu.

KOMPAS.com - Film Parasite asal Korea Selatan berhasil meraih empat penghargaan dalam parhelatan Oscar 2020.

Parasite memenangi penghargaan untuk kategori International Feature Film Award, Best Director, Best Original Screenplay, dan Best Picture.

Dikutip dari reuters, media sosial Korea Selatan dibanjiri dengan perayaan kemenangan film satire yang menceritakan kesenjangan kehidupan ekonomi ini.

Masyarakat Negeri Ginseng sangat antusiasi dengan kemenangan film arahan sutradara Bong Joon-ho itu.

Sebelum gelaran 92nd Academy Awards, Minggu (9/2/2020) di Dolby Theatre, Los Angeles, Parasite mendapatkan enam nominasi yaitu film terbaik, sutradara terbaik, film berbahasa asing terbaik, naskah asli terbaik, desain produksi terbaik, dan penyuntingan film terbaik.

Baca juga: Sutradara Parasite Bong Joon-ho: Korea Tampak Glamor tetapi Kaum Mudanya Putus Asa

Reaksi warga Korsel

"Saya sangat bangga sebagai orang Korea mendengar bahwa film Korea Selatan mengalahkan begitu banyak film asing yang terkenal," kata Chung Su-yoon, warga Seoul yang menonton "Parasite" hanya dua jam sebelum Oscar.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bahkan mengatakan, para pemeran dan kru film ini menanamkan kebanggaan dan keberanian pada masyarakat.

"Saya sangat senang melihat film Korea bahu-membahu dengan film-film dari negara lain," ujar dia.

Kebanggaan Korea terhadap mahakarya sinematik ini menyapu timeline Twitter.

Tagar #Parasite dan #DirectorBongJoonho menjadi hashtag terpopuler di Twitter Korea Selatan.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X