Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Warung Mi Terbaik di Indonesia, Apa Saja?

Kompas.com - 09/02/2020, 14:45 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga puluh ribu anggota Bakmi Club melakukan pencarian mi terbaik di Asia. Mereka melakukan perjalanan dari Hong Kong, Beijing, hingga kampung halamannya di Indonesia.

Mereka saling membagikan resep, mencoba bahan-bahan baru, mengulas mi yang disajikan, hingga mempostingnya di media sosial.

"Beberapa dari kami sebelumnya sudah berteman. Tapi, kegiatan ini semakin mendekatkan dan kami berburu mi terenak bersama-sama keliling dunia," ucap pendiri Bakmi Club, Eric Wirjanata sebagaimana dikutip dalam South China Morning Post.

Para anggota menemani Wirjanata di Hong Kong selama tiga hari untuk mengambil contoh dari mi yang disiapkan oleh 6 vendor mi.

Wirjanata meluncurkan Bakmi Club di awal tahun 2015 setelah menyadari betapa banyak warung mi yang ada di sekitar rumahnya di daerah Jakarta Timur.

Ketika ia membuat grup Bakmi Club di Facebook, kabar keberadaan grupnya pun semakin tersebar. 

Para penggemar mi dari seluruh Indonesia dan luar negeri pun turut bergabung dan mulai mengunggah petualangan berburu mi masing-masing.

Semangat yang terkumpul untuk berburu mi, ditambah kemudahan untuk melihat rekomendasi para anggota, semakin meningkatkan popularitas Bakmi Club.

Salah satu moderator grup Facebook, Tjhin Allfreed, mengetahui Bakmi Club dari seorang teman yang memiliki bisnis mi. Temannya menceritakan tentang ulasan bagus dari warungnya dalam sebuah laman. 

"Ada banyak grup serupa, tetapi banyak dari mereka yang hanya menunjukkan kegiatan makan mi," tutur Tjhin.

Baca juga: Mie Ayam Rica-rica, Cocok untuk yang Doyan Pedas

Adapun rekomendasi Bakmi Club tentang beberapa warung mi terbaik adalah sebagai berikut:

1. Tiong Sim

Warung mi ini terletak di Medan, tepatnya di Jl. Selat Panjang No. 7, Ps. Baru, Medan, Sumatera Utara.

"Mi Siantar ini memiliki rempah-rempah dan bumbu yang dijaga selama bertahun-tahun dan saya dapat mengatakan bahwa semua orang di Medan akan setuju akan keenakan mi mereka," tulis ulasan Bakmi Club.

2. Bakmi 168

Bakmi 168 terletak di Jalan Gading Elok Raya Utara Blok FA2 No.7, Kelapa Gading.

Menurut ulasan oleh Bakmi Club, mi yang halal seringkali diremehkan. Akan tetapi, mi yang dijual di Bakmi 168 ini mematahkan mitos tersebut. 

"Menu mi di warung ini layak dicoba."

3. Bakmi Balige Jaya dan Bakmi Siantar Jaya

Kedua bakmi ini terletak di Jalan Bangunan Barat No. 36A dan Jalan Bangunan Barat No. 17, Kampung Ambon, Jakarta.

"Area Kampung Ambon memiliki deretan warung mi Siantar. Rata-rata semuanya memilii rasa dan kualitas yang sama. Mi-mi ini lebih baik tidak dibungkus dan dibawa pulang untuk dimakan di rumah. Mi-mi ini harus dinikmati langsung bersama dengan alunan nyanyian Batak. Pengalaman terbaik," ulas Bakmi Club. 

Baca juga: Bosan Makan Mie, Warga Kampung Pulo Tersenyum Lebar Diberi 1.000 Kotak Pizza

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com