Iran Serang Markas Militer AS, Filipina Siapkan Kapal dan Pesawat untuk Evakuasi Warganya

Kompas.com - 08/01/2020, 18:15 WIB
Foto yang dirilis pada 10 Juli 2008 oleh situs berita Garda Revolusi Iran, Sepah News, memperlihatkan tiga rudal meluncur di udara dari lokasi yang dirahasiakan pada 9 Juli 2008. AFP/SEPAH NEWSFoto yang dirilis pada 10 Juli 2008 oleh situs berita Garda Revolusi Iran, Sepah News, memperlihatkan tiga rudal meluncur di udara dari lokasi yang dirahasiakan pada 9 Juli 2008.

KOMPAS.com - Pemerintah Filipina akan melakukan evakuasi terhadap warga negara mereka yang berada di Irak pada Rabu (8/1/2020).

Perintah ini dikeluarkan pasca-eskalasi geopolitik Iran-Amerika yang semakin memanas lewat berbagai serangan balasan yang dilakukan kedua belah pihak.

Konflik antara Amerika Serikat dengan Iran mulai memanas pada Jumat, 3 Januari 2020 lalu. 

Ketika itu, serangan udara AS menewaskan Jenderal Iran, Qasem Soleimani dan 7 orang lainnya. 

Dilansir dari Reuters (8/1/202), Kementerian Luar Negeri Filipina memerintahkan evakuasi warganya yang berada di Irak.

Peringatan ini dikeluarkan setelah Iran melakukan serangan rudal ke Irak, Rabu pagi, yang menyasar pasukan pimpinan Amerika Serikat di sana.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Juru Bicara Kemenlu Filipina, Eduardo Menez menyampaikan pihaknya telah menaikkan peringatan keamanan kepada semua warganya.

"Tingkat Peringatan di seluruh Irak telah ditingkatkan menjadi Peringatan Tingkat 4 yang menyerukan evakuasi wajib," kata Eduardo Menez.

Sementara itu, dikutip dari artikel Straitstimes, warga Filipina yang berada di Iran dan Lebanon juga sudah diimbau hal yang sama, yakni meninggalkan negara yang mereka tinggali.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Ketenagakerjaan Luar Negeri Filipina, Bernard Olaila.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X