Pesawat Ukraina Jatuh di Iran, Berikut 4 Kasus yang Libatkan Boeing

Kompas.com - 08/01/2020, 17:44 WIB
Pesawat Ukraina jatuh di Iran Iranian Students News Agency (ISNA)Pesawat Ukraina jatuh di Iran

KOMPAS.com - Pesawat Ukraina berjenis Boeing 737-800 jatuh di Parand, barat daya Teheran, Rabu (8/1/2020) pagi waktu setempat.

Peristiwa ini menewaskan 176 orang. Kementerian Luar Negeri Ukraina memastikan bahwa tidak ada yang selamat di antara 167 penumpang dan 9 awak kabin.

Melansir DW, kecelakaan ini diduga disebabkan oleh masalah teknis.

Jatuhnya pesawat ini menambah deretan panjang dari kasus yang melibatkan maskapai penerbangan asal Amerika Serikat, Boeing. 

Dihimpun dari berbagai pemberitaan, berikut adalah beberapa kasus yang terjadi dan melibatkan Boeing dalam beberapa tahun terakhir:

1. Kecelakaan Boeing 737 Max

Pada Oktober 2018, pesawat Lion Air berkode penerbangan JT 610 yang menggunakan Boeing 737 Max 8 dipastikan jatuh ke perairan Karawang, Jawa Barat.

Berdasarkan data penerbangan dan percakapan kokpit yang tersedia dalam dua kotak hitam, beberapa kemungkinan penyebab pun muncul, mulai dari masalah teknis, kesalahan pilot, atau kombinasi antara keduanya.

Sementara, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Indonesia mengindikasikan bahwa penerbangan Lion Air JT 610 tersebut mengalami masalah dari sensor yang dirancang untuk memperingatkan pilot jika pesawat berisiko kehilangan daya angkat.

Melansir Kompas.com (11/3/2019), kecelakaan ini merenggut korban 189 orang.

Kurang dari enam bulan pasca-kecelakaan tersebut, pesawat Boeing 737 Max 8 pun kembali jatuh selang beberapa menit setelah lepas landas dan menewaskan semua penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X