Kompas.com - 16/12/2019, 12:06 WIB
Proses penyembuhan sakit gigi menggunakan bawang putih yang disebut efektif. FacebookProses penyembuhan sakit gigi menggunakan bawang putih yang disebut efektif.

KOMPAS.com - Berbagai informasi mengenai cara mengatasi sakit gigi beredar di media sosial. Salah satunya, informasi viral yang menyebutkan bahwa sakit gigi bisa diatasi dengan menempelkan bawang putih di lengan.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial dan banyak dibagikan oleh pengguna Facebook maupun Twitter, caranya dengan menggeprek beberapa siung bawang putih, lalu diletakkan di pergelangan tangan bagian dalam.

Jika sakit gigi terasa di bagian kanan, maka bawang putih itu diletakkan di tangan sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya. 

Tangkapan layar yang menyebutkan bahwa menempelkan bawang putih di pergelangan tangan dapat menyembuhkan sakit gigi.Facebook Tangkapan layar yang menyebutkan bahwa menempelkan bawang putih di pergelangan tangan dapat menyembuhkan sakit gigi.
Informasi ini salah satunya dibagikan oleh sebuah laman Facebook bernama TIPS HIDUP SEHAT dan sudah dibagikan lebih dari 10 ribu kali hingga, Senin (16/12/2019).

"Dari kemaren seliweran status ummahat yang pake metode bawang putih ini buat ngurangin sakit gigi, sy ucapkan terimakasih banyak ????????
Dengan seizin Allah, begitu di praktekin langsung sembuh, alhamdulillah.
Yang menderita sakit gigi menahun seperti suami sy, monggo di praktekin, baput di geprek, tempelin di pergelangan tangan.
Pake lakban biar ga lepas.
Kalo sakit gigi sebelah kanan, pasang bawang putih sebelah kiri, begitu sebaliknya.@sehatnow
Buat yang kulitnya sensitif cukup 15-20 menit.
Takut melepuh.
Tp kalo yang kaya suami sy ini udh 1 jam malah ga mau di lepas, kulitnya kebal ga sensitif.
Enak katanya anget sebadan-badan.
Ampe keringetan malem2 gini.
Berasa sehat katanya.
Alhamdulillahh pokoknya, ada pengganti obat2an kimia ????????"

Sejumlah netizen pun meninggalkan komentarnya dan mengaku ingin mencobanya di rumah.

"Makasih infonya ya dok, gigi saya juga kadang sakit kalau kambuh mau tak coba cara pengobatan seperti di atas. Tapi semoga enggak kambuh," tulis akun Yuk Atik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Viral Ramuan Bawang dan Garam untuk Sakit Gigi, Apa Kata Dokter?

Benarkah bawang putih bisa atasi sakit gigi?

Kompas.com mengklarifikasi kebenaran informasi ini dengan menghubungi seorang dokter gigi yang membuka praktik di kawasan Jakarta Selatan, drg. Sabai Asmaraghrya.

Dokter Sabai mengatakan, pengobatan masalah gigi menggunakan bawang putih hingga saat ini belum bisa dibuktikan secara medis.

"Sejujurnya dari segi medis belum ada penjelasannya dan saya sendiri juga belum tahu penyembuhan dengan bawang ini benar-benar bisa dibuktikan kebenarannya atau tidak," kata Sabai saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/12/2019) pagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.