Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Ramuan Bawang dan Garam untuk Sakit Gigi, Apa Kata Dokter?

Kompas.com - 15/12/2019, 20:41 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah foto yang menampilkan seorang pria alami sakit gigi dan mengoleskan suatu ramuan untuk mengobati sakit giginya ramai di media sosial.

Foto itu diunggah oleh akun Twitter Kortugi Garis Receh, @kortugi_ngetwit pada Sabtu (14/12/2019).

Dalam unggahan itu juga disebutkan bahwa pipi pria tersebut melepuh setelah diolesi ramuan bawang dan garam.

Berikut bunyi narasi tersebut:

"Ketika tetangga menyarankan menempelkan ramuan bawang dan garam di pipi untuk gigi yang sakit. Hasil: bengkaknya ga sembuh, pipinya melepuh".

Menanggapi fenomena tersebut, dokter gigi Dea Safira Basori menjelaskan penyebab gigi orang tersebut bengkak karena adanya infeksi pada gigi.

Terkait dengan pengobatan sakit gigi yang menggunakan ramuan bawang dicampur dengan garam menurutnya tidaklah benar, dan tidak mempunyai pengaruh terhadap gigi yang sakit.

"Itu (giginya) sudah infeksi, apalagi ditempelin bawang menyebabkan infeksi semakin parah," ujar Dea saat dikonfirmasi Kompas.com pada Minggu (15/12/2019).

Menurutnya, membuat ramuan bawang dengan garam dan mengoleskan di pipi yang bengkak tidaklah menyelesaikan masalah. Penggunaan ramuan bawang menurutnya hanyalah sugesti semata.

"Air garam hanya menghilangkan gejala, namun hanya sesaat dan bisa sakit kembali. Untuk bawang bisa jadi orang yang memakai bawang itu untuk dijadikan ramuan telah tersugesti jadi tidak sakit lagi," imbuhnya.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar segera memeriksakan diri ke dokter gigi tersekat apabila mengalami sakit gigi.

Terlebih ketika gigi mengalami infeksi.

Perlu diketahui, bengkak pada pipi ketika sakit gigi merupakan respons tubuh melindungi diri dari bakteri agar bakteri tersebut tidak menjalar ke organ dalam, seperti jantung.

Baca juga: Kurang Percaya Diri karena Gigi Kuning? Berikut 6 Tips Mengatasinya

"Tubuh melindungi diri dari bakteri agar tidak ke jantung, makanya dia membuat perlindungan yaitu dengan bengkak," katanya lagi.

Meski begitu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut kepada pasien terkait penyebab pipi orang tersebut menjadi bengkak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com