Ledakan di Monas dan Catatan soal Granat Asap yang Diduga Jadi Penyebabnya...

Kompas.com - 03/12/2019, 19:16 WIB
Anggota Labfor Mabes Polri mengumpulkan barang bukti di TKP ledakan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Ledakan diduga berasal dari granat asap terjadi di kawasan Monas pada Selasa pagi dan diketahui melukai dua orang anggota TNI. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIAnggota Labfor Mabes Polri mengumpulkan barang bukti di TKP ledakan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Ledakan diduga berasal dari granat asap terjadi di kawasan Monas pada Selasa pagi dan diketahui melukai dua orang anggota TNI.

KOMPAS.com - Pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie memberikan catatan soal granat asap, yang disebut sebagai sumber ledakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Ledakan terjadi di kawasan Monas pada Selasa (3/12/2019), yang melukai 2 orang anggota TNI yang tengah lari pagi.

Connie menyebutkan, ada tiga kategori granat. Granat asap termasuk kategori pertama.

"Pertama, yang paling rendah granat asap atau air mata, granat ofensif, kemudian granat ledak," kata Connie kepada Kompas.com, Selasa (3/12/2019).

Menurut dia, jika granat yang meledak di kawasan Monas merupakan granat asap yang masuk tipe pertama, seharusnya korban tidak mengalami luka seperti itu.

Baca juga: Saksi Mata Mengira Ledakan Granat Asap di Monas adalah Kebakaran

Ia berpendapat, ledakan tersebut berasal dari granat ofensif atau granat tipe dua.

"Kalau tipe pertama harusnya hanya sesak nafas dan mengeluarkan air mata saja. Kalau analisa saya ini granat ofensif, sudah masuk tipe dua," papar Connie.

Dari peristiwa ini, ia mengingatkan, pentingnya peningkatan bentuk pengamanan baik oleh Polri maupun TNI.

Menurut dia, masih ada kawasan yang lemah pengamanan. Apalagi, ledakan ini terjadi di kawasan Monas yang termasuk wilayah Ring 1.

Seperti diketahui, sebuah ledakan granat terjadi di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada Selasa (3/12/2019) pagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X