Pemerintah Luncurkan Portal Aduan ASN, Ini 11 Jenis Pelanggaran yang Dapat Dilaporkan

Kompas.com - 28/11/2019, 16:45 WIB
Tampilan awal halaman Aduan ASN. https://aduanasn.id/Tampilan awal halaman Aduan ASN.

KOMPAS.com - Menjadi pegawai negeri atau aparatur sipil negara ( ASN) di Indonesia merupakan impian sebagian banyak orang.

Mereka menganggap dengan menjadi ASN, akan membuat hidupnya terjamin. Pasalnya selain mendapatkan gaji setiap bulannya, nantinya mereka akan mendapatkan dana pensiun usai purna dari tugasnya menjadi abdi negara.

Namun, menjadi ASN juga harus memiliki sikap atau perilaku yang mencontohkan kepribadian yang dinilai baik oleh masyarakat.

Selain itu, menjadi ASN juga harus mencerminkan kecintaannya terhadap Tanah Air.

Bagi para ASN yang tidak mencerminkan kecintaannya terhadap NKRI, harus berhati-hati karena mereka dapat dilaporkan melalui sebuah portal pengaduan ASN.

Portal tersebut adalah https://aduanasn.id/.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan-RB), Andi Rahadian mengatakan pengaduan soal ASN dapat dilakukan di portal tersebut.

"Pendirian portal itu sebelumnya telah diputuskan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) dari 11 kementerian dan lembaga terkait dalam rangka menangani permasalahan radikalisme ASN," kata Andi saat dihubungi Kompas.com, Kamis, (28/11/2019).

Baca juga: Ramai soal ASN Influencer, Ini Penjelasan Kominfo

Jenis Pelanggaran

Adapun 11 kementerian dan lembaga yang dimaksud adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Menteri Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Selain itu SKB juga melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dan Komisi Aparatur Sipil Negara.

Dalam portal https://aduanasn.id/, terdapat 11 jenis pelanggaran yang dapat diadukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X