Soal ASN "Influencer", Kominfo: Jangan Model Beli Follower

Kompas.com - 27/11/2019, 18:05 WIB
Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Prof. DR. Widodo Muktiyo. Yudha Pratomo/Kompas.comDirjen IKP Kementerian Kominfo, Prof. DR. Widodo Muktiyo.

KOMPAS.com - Kabar terkait Aparatur Sipil Negara ( ASN) yang nantinya menjadi " influencer" ramai diperbincangkan di media sosial pada Selasa (26/11/2019).

Diberitakan Kompas.com (27/11/2019) Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) Ferdinandus Setu menyampaikan bahwa kriteria yang paling penting agar ASN bisa dijadikan influencer, yakni aktif di media sosial dan memiliki jumlah pengikut setidaknya 500 akun.

" Followers di Instagram dan Twitter minimal 500 orang. Kalau di Facebook minimal temannya 500 orang juga," ujar Ferdinandus dalam acara media gathering yang berlangsung di Bogor, Senin (25/11/2019).

Namun, di era digital ini, memiliki jumlah pengikut banyak bisa dilakukan dengan instan, misalnya membeli followers.

Lantas, bagaimana jika dengan adanya kriteria tersebut malah memicu ASN influencer untuk membeli followers/pengikut?

Apalagi dengan adanya kebijakan, jika akun media sosial ASN sudah memenuhi kriteria, maka Kominfo akan memberikan badge atau tanda khusus yakni logo centang biru yang menandakan bahwa akun tersebut resmi milik ASN "influencer".

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Prof DR Widodo Muktiyo menjelaskan bahwa pihaknya mewanti-wanti agar calon ASN tidak berlaku curang dengan membeli followers.

Amanat tersebut juga telah disampaikan pada setiap sosialisasi yang dilakukan Kominfo.

"Setiap sosialisasi selalu saya ingatkan 'jangan ada dusta di antara kita', artinya jadi government public relations (GPR) jangan model beli followers," ujar Widodo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/11/2019).

Baca juga: Ramai soal ASN Influencer, Ini Penjelasan Kominfo

Wewenang Khusus

Terkait akun ASN "influencer" ini, Widodo menjelaskan bahwa untuk mengecek akun tersebut benar-benar memiliki pengikut asli atau bukan, pihaknya akan secara rutin melihat perubahan alamiah setiap minggunya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X