Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roy Suryo Ingin Pemerintah Dorong Digitalisasi Wilayah Perbatasan

Kompas.com - 01/09/2019, 15:02 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memajukan seluruh wilayah negara, tak terkecuali di wilayah perbatasan dengan negara lain.

Selain infrastruktur transportasi yang terus diperbaiki, pemasangan infrastruktur jaringan komunikasi digital juga menjadi satu hal yang terus dikebut untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara yang ada di sana.

Sejauh ini, salah satu wilayah yang paling menjadi fokus pembangunan infrastruktur digital ini adalah kawasan Papua.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi I DPR RI dari Partai Demokrat Roy Suryo kepada Kompas.com, Minggu (1/9/2019).

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Fiber Optik, Si Pelancar Komunikasi

"Untuk Indonesia timur memang secara fisik sudah terkoneksi lebih dari 70 persen tetapi pemanfaatannya masih harus terus disosialisasikan, apalagi masih terdapat infrastruktur lain (listrik dan jalan) yang secara teknis juga terkait," kata Roy Suryo melalui pesan WhatsApp.

Selain Papua, lokasi lain yang menjadi perhatian pemerintah adalah wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain, seperti Batam yang berbatasan dengan Singapura dan Nunukan yang berbatasan langsung dengan daratan Malaysia.

"Terutama di Batam dan Nunukan ini, masyarakat di sana selalu kena spill over teknologi negara tetangga, termasuk siaran-siaran digitalnya. Kalau pemerintah tidak concern di situ bisa-bisa masyarakat akan berkurang nasionalismenya," ujar Roy.

Pembangunan infrastruktur digital ini merupakan program Badan Aksesibilitas dan Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Roy Suryo   KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Roy Suryo

Diharapkan, pemerataan akses komunikasi yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia dapat memperpendek kesenjangan yang selama ini terjadi.

"Makanya digitalisasi ini kita dorong terutama untuk daerah-daerah yang bertetangga dengan negara yang infrastrukturnya lebih maju dulu. Selanjutnya kita harus perhatikan juga untuk NTT, Papua dan seterusnya," ungkap Roy Suryo.

Sebelumnya, politisi asal Yogyakarta ini baru saja menghadiri acara bertajuk "Digital di Perbatasan: Menjahit Indonesia dari Perbatasan" di Nunukan, Kalimantan Utara.

Baca juga: Raih 24.415 Suara, Roy Suryo Gagal Lolos ke Senayan

Ia berharap upaya pembangunan infrastruktur jaringan yang sampai saat ini masih dilakukan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan dengan mengurangi kesenjangan yang ada.

"Saya hadir selaku Anggota Komisi 1 yang memastikan hak masyarakat untuk bisa mendapatkan akses tersebut, sehingga apa-apa yang sudah dibangun Kemkominfo dan BAKTI ini bisa benar-benar berjalan sesuai manfaatnya," kata Roy Suryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com