Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merunut Hubungan Iran dan Israel, Dulu Kawan, Kini Menjadi Lawan

Serangan langsung Iran ke wilayah Israel ini menjadi yang pertama, meskipun keduanya bermusuhan selama beberapa dekade sejak 1979.

Ini merupakan respons atas serangan Israel yang menyasar kantor konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April 2024.

Faktanya, sebelum bermusuhan, Iran dan Israel pernah menjalin hubungan kerja sama yang erat dalam berbagai bidang.

Lantas, bagaimana sejarah hubungan Iran dan Israel?

Sejarah hubungan baik Iran dan Israel

Iran menjalin hubungan diplomasi yang baik dengan Israel di bawah kekuasaan Keluarga Pahlavi yang memerintah dari 1925 hingga digulingkan pada Revolusi 1979.

Saat itu, Iran menjadi salah satu negara dari 11 anggota komite khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk merancang solusi bagi Palestina, usai Inggris berhenti menguasai negara tersebut.

Iran menentang rencana pembagian tanah Palestina dengan Israel, karena khawatir akan meningkatkan kekerasan pada generasi mendatang.

“Iran, bersama India dan Yugoslavia mengajukan rencana alternatif, solusi federatif yaitu mempertahankan Palestina sebagai satu negara dengan satu parlemen tetapi dibagi menjadi wilayah Arab dan Yahudi,” kata sejarawan Oxford University, Eirik Kvindesland, diberitakan Al Jazeera.

“Itu adalah kompromi Iran untuk mencoba menjaga hubungan positif dengan negara-negara Barat yang pro-Zionis dan gerakan Zionis itu sendiri, dan juga dengan negara-negara tetangga Arab dan Muslim," lanjutnya.

Di bawah pemerintahan Raja Shah Mohammad Reza Pahlavi, Iran kemudian menjadi negara mayoritas Muslim kedua yang mengakui Israel sebagai negara setelah berdiri pada 1948, setelah Turkiye.

Selain itu, Israel kemudian menjalin hubungan dengan negara-negara non-Arab, termasuk menjalin hubungan kerja sama militer dan keamanan dengan Iran.

Tindakan tersebut membuat pasukan gerilyawan yang menentang Shah menjalin hubungan dengan Yordania, Lebanon, dan Palestina untuk melawan sang raja.

Hubungan Iran dan Israel hampir berubah ketika Mohammad Mosaddegh menjadi perdana menteri Iran pada 1951.

Dia mempelopori nasionalisasi industri minyak yang dimonopoli oleh Inggris.

Untuk itu, Mosaddegh memutuskan hubungan dengan Israel yang menurutnya melayani kepentingan negara-negara Barat, termasuk Inggris.

Namun, pemerintahan Mosaddegh digulingkan dalam kudeta yang diorganisir badan intelijen Inggris dan Amerika Serikat pada 1953. Kudeta tersebut mengangkat kembali Shah.

Shah lalu menjadi sekutu terdekat Amerika Serikat, sekutu utama Israel. Kerja sama ekonomi, politik, dan militer pun dilakukan dengan Israel.

Dikutip dari New Arab, Shah yang prihatin dengan kondisi itu lalu mendirikan salah satu badan intelijen terkenal dan brutal di Timur Tengah, SAVAK dengan bantuan dari dinas intelijen Israel, Mossad.

Dia juga menginisiasi perkembangan sistem rudal canggih sebagai pertahanan dan membuat perusahaan minyak untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Israel bahkan mendirikan kedutaan de facto di Teheran, Iran. Keduanya lalu bertukar duta besar pada 1970-an. Hubungan perdagangan juga tumbuh dengan Iran menjadi penyedia minyak utama bagi Israel yang menyalurkannya ke Eropa.

Akibat kerja sama Iran dan Israel, timbul ketegangan dengan negara-negara Arab lainnya pada 1960 hingga 1970-an

Sejak saat itu, Iran berubah menjadi Republik Islam Iran dan mengangjat Ayatollah Ruhollah Khomeini sebagai pemimpinnya.

Perubahan pemimpin membuat Iran berubah memperjuangkan Islam dan melawan AS, Israel, dan sekutunya.

Teheran memutuskan semua hubungan dengan Israel. Warganya tidak bisa melakukan perjalanan dan penerbangan ke sana. Kedutaan Israel di Teheran diubah menjadi kedutaan Palestina.

Iran diketahui membangun dan mendanai kelompok militer di Suriah, Irak, Lebanon, dan Yaman yang melawan Israel. 

Sifat dan tingkat dukungan Iran terhadap kelompok-kelompok ini pun dirahasiakan. Namun, para pejabat Iran secara konsisten menegaskan dukungan mereka terhadap Palestina.

“Beberapa tahun yang lalu, warga Palestina berperang (melawan Israel) dengan batu. Namun saat ini, alih-alih menggunakan batu, mereka dilengkapi dengan rudal presisi. Ini menandakan pembangunan," ujar Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada 2019 saat menerima pemimpin Hamas ke Iran.

Konflik Iran dan Israel saat ini

Saat ini, ketegangan antara Iran dan Israel masih terus berlangsung. Israel didukung AS kerap melancarkan serangan karena teknologi nuklir yang dimiliki Iran.

Diberitakan NPR, serangkaian serangan sabotase dilakukan sejak awal 2000-an hingga 2020-an dengan bentuk virus komputer dan perusakan fasilitas nuklir Iran. 

Iran bersikeras nuklir yang dimiliki untuk tujuan damai. Namun, hal tersebut diragukan oleh pihak lawan.

Sebaliknya, Iran telah lama mendukung kelompok bersenjata di wilayah Timur Tengah yang menargetkan Israel dan militer AS, seperti Hizbullah di Lebanon, Hamas di Palestina, dan Houthi di Yaman.

Iran juga mendukung rezim Presiden Bashar Assad di Suriah. Tindakan ini diklaim Israel sebagai upaya penggunaan wilayah Suriah untuk mengirimkan senjata ke Hizbullah.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/04/15/070000765/merunut-hubungan-iran-dan-israel-dulu-kawan-kini-menjadi-lawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke