Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Perbedaan Jalur SNBP dan SNBT pada SNPMB 2024? Berikut Penjelasannya

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) adalah sistem seleksi bagi calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri Indonesia.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh bagi siswa yang ingin mendaftar SNPMB 2024, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

SNBP adalah jalur berdasarkan nilai akademik saja, atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN.

Sedangkan SNBT berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) saja, atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Dilansir dari laman resmi SNPMB Kemendikbud, berikut adalah beberapa ketentuan yang membedakan jalur SNBP dan SNBT pada SNPMB 2024:

Berikut jadwal lengkap pelaksanaan seleksi jalur SNBP:

Berikut jadwal lengkap pelaksanaan seleksi jalur UTBK-SNBT:

Seluruh kegiatan seleksi jalur SNBP dan SNBT pada tanggal dan hari yang sudah ditentukan akan berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN yang dituju.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/01/20/190000165/apa-perbedaan-jalur-snbp-dan-snbt-pada-snpmb-2024-berikut-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke