Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Perawatan Harian untuk Kucing Peliharaan Anda

Kompas.com - 29/05/2024, 13:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kucing dianggap sebagai hewan mandiri dan peliharaan ideal bagi orang-orang dengan gaya hidup sibuk. Meski demikian, teman berbulu ini tetap perlu dirawat.

Anda perlu menyediakan waktu bermain dan merawat kucing Anda untuk memastikan mereka bahagia dan sehat.

Menjaga kucing peliharaan tetap sehat dan bahagia bisa Anda lakukan dengan beberapa kebiasaan sederhana setiap harinya.

Baca juga: Mengenal Ras Bambino, Kucing Tanpa Bulu Unik Berkaki Pendek


Berikut beberapa tips sederhana untuk perawatan harian kucing peliharaan Anda:

1. Menyisir bulunya secara rutin

Mengutip laman Daily Paws, menyikat atau menyisir bulu kucing setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah bulu kusut dan menghilangkan bulu rontok, terutama pada kucing berbulu panjang.

Kucing menghabiskan banyak waktu untuk merawat dirinya sendiri, dengan rutin menyisir bulunya dapat membuang bulu rontok masuk saluran pencernaan saat dijilat.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Sulit Buang Air Besar pada Kucing Peliharaan

2. Kurangi makanan kering

Berbeda dengan anjing, kucing adalah hewan karnivora obligat, artinya mereka mengandalkan daging sebagai makanan pokoknya.

Makanan utama sehari-hari harus selalu berupa daging. Memberikan makanan kering secara eksklusif kepada kucing dapat menyebabkan mereka mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, yang dalam jumlah besar bisa menjadi tidak sehat.

3. Menyediakan air bersih

Dikutip dari laman Cats Protection, kucing umumnya tidak perlu minum banyak setiap hari. Namun, selalu pastikan air minum yang segar dan bersih tersedia setiap saat.

Ini sebaiknya ditempatkan jauh dari makanannya, karena kucing umumnya memilih untuk tidak makan dan minum di tempat yang sama.

Baca juga: 8 Situasi yang Bisa Membuat Kucing Peliharaan Anda Kesal

4. Membersihkan mata kucing

Dilansir dari laman International Cat Care, kebanyakan kucing tidak memerlukan bantuan apa pun untuk merawat matanya. Namun, ras bermuka datar seperti Persia dan Eksotik perlu mendapatkan bantuan lebih.

Usap perlahan dengan bola kapas yang dibasahi dengan air bersih atau sedikit baby oil. Gunakan bola terpisah untuk setiap mata dan keringkan dengan tisu lembut.

5. Merawat cakar kucing Anda

Kebanyakan kucing yang aktif dan keluar rumah merawat cakarnya sendiri tanpa memerlukan bantuan. Mereka menjaganya tetap bersih dan tajam selama beraktivitas.

Namun, kucing yang hanya tinggal di dalam ruangan mungkin perlu dirapikan cakarnya, dan dilatih menggaruk tiang garukan untuk mencegahnya merusak furnitur Anda.

Baca juga: Cara Menyosialisasikan Anak Kucing agar Mengenali Lingkungan dengan Baik

6. Perawatan telinga kucing

Anda sebaiknya tidak sembarangan mengutak-atik telinga kucing sama sekali, karena jaringan yang melapisi saluran telinga sangat halus dan mudah rusak.

Tanyakan kepada dokter hewan tentang produk dan cara membersihkan telinga kucing bagian luar. Hindari memasukkan terlalu dalam ke telinga kucing.

7. Perawatan gigi dan mulut

Jika Anda menyikat gigi kucing, gunakan sikat dan pasta yang dibuat khusus untuk hewan, yang tentunya direkomendasikan oleh dokter hewan.

Biasakan rutin membersihkan gigi kucing Anda sejak masa kanak-kanak. Jika ada masalah, pemeriksaan yang tepat oleh dokter hewan diperlukan untuk mengetahui sejauh mana masalahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com