Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mar Galceran Mencatat Sejarah, Jadi Anggota Parlemen Pertama Spanyol dengan "Down Syndrome"

KOMPAS.com - Mar Galceran (45), tokoh politik dari People’s Party (PP) menjadi anggota parlemen dewan kota Valencia, Spanyol pertama dengan down syndrome pada September 2023.

Pencapaian tersebut mengangkat nama Galceran menjadi penyandang down syndrome yang berhasil melewati hambatan untuk terjun ke dunia politik.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Masyarakat mulai melihat bahwa penyandang down syndrome mempunyai banyak kontribusi,” tutur Galceran, dikutip dari The Guardian, Selasa (9/1/2024).

Galceran mengatakan ingin membantu menghilangkan berbagai prasangka yang masih melekat di masyarakat, terutama terkait penyandang down syndrome.

“Saya ingin orang-orang melihat saya sebagai pribadi, bukan hanya karena disabilitas saya,” katanya.

Meskipun demikian, ia mengaku perjuangan untuk memberdayakan penyandang down syndrome adalah jalan yang masih sangat panjang.

Perjalanan karir Mar Galceran

Galceran mulai memasuki dunia politik saat usianya masih 18 tahun. Ia bergabung dengan PP yang menganut paham konservatif.

Ia tertarik dengan PP karena disebut-sebut sebagai partai yang masih memegang tradisi kuat Spanyol.

Selain itu, selama lebih dari 20 tahun, Galceran bekerja sebagai pegawai negeri di Valencia, Spanyol.

Selama waktu tersebut, Galceran membantu menciptakan kebijakan inklusif, terutama bagi penyandang down syndrome di wilayah Valencia.

Ia juga empat tahun menjabat sebagai pimpinan utama dalam Asindown, sebuah organisasi di Valencia yang didedikasikan untuk membantu keluarga dengan anak-anak penyandang down syndrome.

Ketika berada di partai, perlahan-lahan karir politiknya naik dan berhasil menjadi pengurus utama partai.

Komitmennya kemudian membuahkan hasil ketika ia masuk dalam daftar calon ke-20 yang diusung PP pada pemilihan di Valencia, Mei 2023.

Mar Galceran mendapat beragam reaksi

Setelah terpilih, ia mendapatkan beragam reaksi di media sosial. Salah satu tokoh PP di Valencia, Carlos Mazon turut memberikan ucapan atas atas terpilihnya Galceran, dilansir dari BNN Breaking, Jumat (12/1/2024).

“Selamat datang Mar. Berita bagus untuk politik, ia berhasil mengatasi rintangan,” tulis Mazon dalam media sosial X miliknya, @carlos_mazon_.

Terpisah, perwakilan Induk Asosiasi Down Syndrome Spanyol, Agustín Matía Amor memberikan tanggapan terkait naiknya Mar Galceran menjadi anggota parlemen Spanyol, dikutip dari The Guardian.

“Kami belum pernah mendengar tentang orang lain yang masuk ke parlemen. Ini merupakan langkah maju yang besar dan merupakan contoh inklusi yang nyata,” ungkap Amor.

Amor mengatakan, pencapaian tersebut merupakan bukti kerja keras Galcerán untuk upaya memajukan status penyandang down syndrome di Spanyol.

Namun sayang, selain mendapat tanggapan positif, Galceran juga mendapatkan reaksi negatif dari warganet di beragam sosial media.

“Ada orang yang mendukung saya. Tapi ada juga yang menganggap saya tidak mampu. Tapi mereka adalah orang-orang yang tidak mengenal saya atau latar belakang saya,” tuturnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/01/17/200000165/mar-galceran-mencatat-sejarah-jadi-anggota-parlemen-pertama-spanyol-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke