Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jarang Diketahui, Ini 3 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air Rebusan Lengkuas

Rempah ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan telah digunakan sejak lama untuk pengobatan tradisional di beberapa negara.

Lengkuas memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan analgesik yang dapat membantu mengobati beberapa kondisi penyakit, dilansir dari Healthline.

Beberapa orang memanfaatkan lengkuas untuk mengobati diabetes, pilek, mual, sakit perut, peradangan, dan untuk meningkatkan kesuburan pria.

Biasanya, orang akan mengonsumsi lengkuas dengan cara menyeduhnya dan meminum ekstrak atau air rebusannya.

Kendati demikian, bila dikonsumsi secara berlebih, air rebusan lengkuas dapat memicu efek samping yang merugikan.

Lantas, apa saja efek samping terlalu banyak mengonsumsi air rebusan lengkuas?

Berikut sejumlah efek samping yang mungkin terjadi:

1. Interaksi dengan obat lain

Air rebusan lengkuas tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lantaran bisa memicu interaksi obat yang tidak diinginkan.

Dikutip dari Web MD, lengkuas dapat berinteraksi ketika diminum bersamaan dengan antasida, yakni obat untuk asam lambung dan gastroesophageal reflux disease (Gerd).

Pasalnya, antasida digunakan untuk mengurangi asam lambung, sementara lengkuas dapat meningkatkan asam lambung.

Pada akhirnya, bila dikonsumsi secara bersamaan, air rebusan lengkuas dapat mengurangi efek dari antasida dan menghambat proses pengobatan.

Selain itu, lengkuas juga dapat berinteraksi dengan obat tekanan darah tinggi, pengencer darah, dan diabetes, lantaran dapat mengganggu efektivitasnya.

2. Menimbulkan reaksi alergi

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap air rebusan lengkuas, terutama untuk mereka yang juga memiliki alergi pada jahe, dikutip dari Agriculture.Gov.Capital.

Saat dikonsumsi berlebih, alergi ini bisa menimbulkan beberapa gejala ringan seperti ruam pada kulit, gatal-gatal, hingga reaksi yang lebih parah seperti kesulitan bernapas dan anafilaksis.

Apabila mendapati adanya gejala tersebut, segera hentikan konsumsi lengkuas dan cari bantuan ke layanan kesehatan untun mencegah efek samping yang lebih serius.

3. Picu masalah pencernaan

Meskipun minum air rebusan lengkuas dapat digunakan untuk pengobatan sakit perut, namun mengonsumsinya secara berlebih dan dalam waktu lama justru dapat menimbulkan efek samping pada masalah pencernaan.

Efek samping tersebut dapat berupa ketidaknyamanan perut, kembung, gas, dan bahkan diare.

Selain itu, efek samping ini bisa semakin buruk apabila Anda memiliki perut yang sensitif atau riwayat masalah pencernaan.

Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi air rebusan lengkuas dalam jumlah sedang dan selalu berkonsultasi dengan dokter bila mengalami kondisi tertentu.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/01/05/101500865/jarang-diketahui-ini-3-efek-samping-terlalu-banyak-minum-air-rebusan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke