Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Guru Nasional 2023, Ini Kumpulan Contoh Surat untuk Guru

Hari Guru Nasional 2023 juga diperingati sebagai HUT ke-78 PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia)

Sebagai murid, alangkah baiknya memberikan surat kepada guru untuk menyampaikan selamat Hari Guru sekaligus sebagai bentuk penghargaan jasa-jasa mereka.

Berikut contoh surat yang bisa diberikan untuk guru pada momen Hari Guru Nasional 2023:

Contoh surat untuk guru pada Hari Guru Nasional

Dikutip dari Sonora, berikut 25 contoh surat untuk guru pada Hari Guru Nasional 2023 dengan dua di antaranya berbahasa Inggris:

Contoh pertama

Untuk Ibu/Bapak Guru,

 

Merupakan suatu kehormatan untuk bisa belajar banyak hal dari Ibu/Bapak. Tidak hanya ilmu dan pelajaran, Ibu/Bapak telah menginspirasi kami untuk menjadi orang yang lebih baik.

Kami membutuhkan lebih banyak guru seperti Anda untuk menjaga kami hingga kami lulus dan siap berbakti kepada negeri.

Terima kasih karena telah mengajarkan kami dari hati. Kami akan selalu mendoakan agar Ibu/Bapak dapat selalu sehat dan sejahtera. Selamat Hari Guru Nasional!

 

Salam sayang dari kami semua,
(Nama)

Jakarta, 25 November 2023

Contoh ke-2

Kepada Bapak/Ibu (nama guru},

 

Pertama-tama, perkenalkan nama saya adalah (nama siswa). Sebagai anak didik Bapak/Ibu, saya ingin mengucapkan terima kasih.

Berkat kontribusi serta bimbingan Bapak/Ibu selama ini, pengetahuan dan karakter saya perlahan terbentuk. Dimulai saat pertama kali bertemu, kita belum mengenal satu sama lain.

Namun, Bapak/Ibu dengan sabar berhasil menjelaskan materi pelajaran kepada saya dan teman-teman sekelas.

Positifnya materi yang diajarkan Bapak/Ibu saya terima dengan baik. Penjelasannya tidak bertele-tele dan selalu tepat untuk menyelesaikan pertanyaan saya.

Bukan hanya itu, Bapak/Ibu (nama guru) pun berhasil menciptakan suasana yang nyaman dalam pembelajaran. Saya menjadi sangat senang berada di kelas, hingga tidak ingat seberapa lamanya kita belajar.

Oleh karenanya, saya ingin mengucapkan terima kasih juga untuk kondisi yang sangat saya sukai itu. Semoga Bapak/Ibu (nama guru) dapat terus membimbing saya dan murid lain seperti ini.

Semoga Bapak/Ibu sehat selalu serta dianugerahkan kebahagiaan.

 

Hormat saya,

(nama murid)

Contoh ke-3

Memiliki guru yang cakap, telaten, dan sabar mungkin jadi idaman banyak murid.

Namun selain itu, dibutuhkan ketulusan dan keikhlasan dalam mengajari kami berbagai macam ilmu pengetahuan.

Mulai dari yang mendasar hingga kami besar seperti sekarang. Jasa dan ketulusan ibu dan bapak guru dulu sangat membekas dan menjadikan kami berhasil serta sukses seperti sekarang.

Terima kasih kami ucapkan, dan terimalah sedikit kenang-kenangan ini dari kami yang pernah menerima nasihat-nasihatmu. Selamat Hari Guru, Bapak/Ibu Guru.

Contoh ke-4

Halo, Pak/Bu guru. Ini kami, yang dulu di kelas suka bikin riuh dan gaduh. Yang pernah ibu/bapak cubit karena lalai sebagai murid.

Namun, hal tersebut justru menempa mental kami jadi tidak mudah menyerah dan terus berjuang melakukan hal yang terbaik.

Kami sekarang sudah berhasil berada pada posisi yang kami inginkan. Jika bapak/ibu guru ada waktu, kami ingin berjumpa lagi untuk mentraktir bapak/ibu guru secangkir kopi.

Contoh ke-5

Selamat Hari Guru Nasional! Pada momen yang berharga ini, izinkan saya mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam atas dedikasi dan inspirasi yang Bapak/Ibu berikan kepada kami, para siswa. Setiap kata dan tindakan Ibu membentuk jalan menuju pengetahuan dan kebijaksanaan.

Terima kasih, Bapak/Ibu, karena telah menjadi pilar pendidikan kami. Bapak/Ibu bukan hanya memberikan ilmu, tetapi juga mengajarkan kami untuk menjadi individu yang berpikiran terbuka, kreatif, dan penuh semangat.

Hari ini adalah penghormatan untuk Bapak/Ibu, dan setiap hari adalah kesempatan bagi kami untuk menyadari betapa beruntungnya memiliki seorang guru sebaik Ibu.

Selamat Hari Guru Nasional, Bapak/Ibu! Semoga kebaikan dan inspirasi Ibu terus menyala, membimbing generasi demi generasi. Terima kasih atas segalanya!

Contoh ke-6

Kepada Ibu/Bapak (Nama),

 

Selamat Hari Guru Nasional 2022! Semoga di hari istimewa ini. Ibu/Bapak selalu dikelilingi oleh limpahan kasih sayang dari Tuhan Yang Maha Esa.

Ibu/Bapak adalah guru terbaik dalam hidup saya. Meskipun nilai saya tidak selalu mendapat yang terbaik, Ibu/Bapak terus memotivasi saya sehingga membuat selalu berusaha melakukan yang terbaik.

Terima kasih telah membantu saya menemukan semua hal yang saya bisa. Berkat Ibu/Bapak, saya bisa melihat bahwa masa depan saya akan cerah.

Di masa depan, jika saya berhasil menempuh jalan yang sama dengan Ibu/Bapak, saya akan bertindak seperti yang Ibu/Bapak lakukan.

Ibu/Bapak akan selalu menjadi panutan bagi diri saya selama-lamanya. Saya beruntung memiliki guru yang luar biasa seperti Ibu/Bapak.

 

Hormat saya,

(Nama)

Jakarta, 25 November 2023

Contoh ke-7

Selamat pagi/siang/sore/malam Bapak/Ibu (nama guru),

 

Bersamaan dengan surat ini, saya (nama siswa) berharap kondisi kesehatan Bapak/Ibu selalu baik dan hatinya selalu gembira.

Tujuan saya mengirim surat ini adalah ingin mengucapkan terima kasih atas pendidikan yang selama ini saya terima. Bertepatan dengan momen Hari Guru Nasional, saya kira cocok untuk mengungkapkan perasaan ini.

Saya merasakan kenyamanan belajar bersama Bapak/Ibu dan teman-teman sekelas. Saya menganggap hal itu bisa terjadi karena kehadiran pendidik yang kompeten, seorang yang bisa diandalkan.

Bukan hanya memperhatikan kenyamanan peserta didik, Bapak/Ibu juga dengan senang hati membantu kami yang sekiranya kurang memahami.

Bapak/Ibu mengajari saya hal-hal dasar, kemudian saya berkembang hingga dapat menyelesaikan setiap pertanyaan yang ada.

Perjalanan saya di kelas ini sekiranya tidak akan terlihat cerah jika tanpa kehadiran Bapak/Ibu.

Oleh sebab itu, saya ingin mengucapkan terima kasih untuk segala hal yang telah diberikan.

Semoga Bapak/Ibu selalu di dalam lindungan-Nya, semoga Bapak/Ibu bisa terus menorehkan kebaikan untuk kita semua.

Saya ucapkan lagi terima kasih untuk semua yang telah diajarkan.

Selamat pagi/siang/sore/malam Bapak/Ibu (nama guru).

 

Hormat saya,

(nama siswa)

Contoh ke-8

Untuk Ibu/Bapak Guru,

 

Di Hari Guru Nasional ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Ibu/Bapak atas pengabdian yang Anda berikan selama ini.

Saya menyadari betapa mulianya profesi yang Ibu/Bapak jalani saat ini. Mengajar adalah satu profesi yang menciptakan semua profesi lainnya.

Tanpa pendidikan dari Ibu/Bapak saya mungkin tidak bisa melakukan apa yang saya bisa hari ini. Ibu/Bapak selalu memberikan saya motivasi untuk bekerja keras dan mendapatkan nilai bagus.

Merupakan suatu kehormatan untuk belajar banyak hal dari Ibu/Bapak. Terima kasih telah menginvestasikan waktu Anda untuk memberikan yang terbaik kepada kami.

Saya tahu betul bahwa itu semua tidak bisa dibayar dengan kata-kata belaka. Oleh karena itu, saya akan selalu berjuang supaya kelak saya mampu membanggakan Ibu/Bapak.

Terima kasih, guru kesayanganku.

 

Salam sayang,

(Nama)

Contoh ke-9

Kami mungkin hanya dikenal sebagai kelas yang gemar membuat onar dan membuat Ibu/Bapak Guru habis kesabarannya.

Namun, Ibu/Bapak Guru tidak pernah lelah untuk tetap mengajari kami bagaimana agar berhasil dan menjadi manusia berguna di masa depan.

Terima kasih Bu/Pak Guru, karena jasa-jasa yang telah Ibu/Bapak Guru lakukan, kami bisa jadi manusia berguna seperti sekarang.

Nasihat luar biasa tersebut akan terus kami jadikan pedoman dalam hidup.

Contoh ke-10

Ada yang bilang guru adalah pekerjaan tanpa tanda jasa. Ungkapan tersebut memang benar adanya.

Karena Ibu/Bapak Guru selalu melakukan itu setiap tahun, membimbing dan mengajar murid-muridnya agar menjadi pandai. Bukan hanya pandai secara otak tapi juga secara emosi.

Bapak/Ibu Guru selalu telaten dan sabar menghadapi tingkah dan ulah kami yang banyak ini.

Oleh sebab itu, izinkan kami menghadiahi Ibu/Bapak sebuah puisi, sebagai tanda mata dan ucapan terima kasih atas jasa Ibu/Bapak Guru pada kami.

Contoh ke-11

Kepada Yth, Guruku Tercinta

di Tempat

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

 

Dengan hormat,

Semoga kebahagiaan dan kesehatan selalu tercurah untuk guruku tercinta dimanapun dan kapanpun berada. Bersama surat ini, kami murid-murid kelas 9A ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas segala jasa dan pengorbanan yang telah Ibu guru lakukan.

Setiap hari kami diajarkan dan dibina dengan baik agar kami dapat menjemput impian dan cita-cita Kami.

Bersamaan Hari Guru Nasional Tahun 2022 ini, kami berharap kebahagiaan, kesejahteraan dan kesehatan terus mengiringi Ibu tanpa putus sepanjang hidup.

Sebab tanpa seorang guru, Kami tak akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan kami. Pada momen bahagia ini, Kami juga ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebanyak-banyaknya atas segala kesalahan yang telah Kami perbuat, baik itu disengaja maupun tidak disengaja.

Semoga Ibu ridho untuk memaafkan Kami. Semoga Allah membalas kebaikanmu dengan pahala yang melimpah.

Demikianlah surat yang ingin Kami sampaikan untuk Ibu guru tercinta. Surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan tulus dari hati Kami, tanpa ada paksaan dari siapapun.

Selamat Hari Guru untuk Guruku Tercinta

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh ke-12

Selamat Hari Guru Nasional! Hari ini, saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu, pahlawan tanpa tanda jasa dalam dunia pendidikan.

Bapak/Ibu adalah panutan kami, yang dengan sabar dan tulus menciptakan lingkungan belajar yang penuh inspirasi. Bukan hanya mengajar, tetapi juga mengukir mimpi-mimpi kami.

Setiap kata dan tindakan Bapak menjadi pelajaran berharga, tidak hanya dalam buku pelajaran, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih karena telah menjadi sumber inspirasi, motivasi, dan keberanian bagi kami.

Selamat Hari Guru Nasional, Bapak/Ibu! Semoga Bapak senantiasa diberkahi dengan kesehatan dan kebahagiaan. Kami bangga memiliki Bapak sebagai guru kami.

Contoh ke-13

Tidak lengkap rasanya jika merayakan Hari Guru Nasional seperti sekarang tapi kami tidak memberikan kenang-kenangan pada ibu/bapak guru.

Kami tidak akan jadi apa-apa tanpa bimbingan bapak/ibu guru dulu.

Terima kasih Pak/Bu guru, sudah memberikan kami nasihat dan kesabaran hingga kami bisa menjadi seperti sekarang.

Contoh ke-14

Good morning/afternoon/evening/evening Mr/Mrs (teacher's name),

Along with this letter, I (student's name) hope that your health condition will always be good and your heart will always be happy.

My purpose in sending this letter is to say thank you for the education I have received so far. Coinciding with National Teacher's Day, I think it is appropriate to express this feeling.

I feel comfortable studying with you and my classmates. I think this can happen because of the presence of a competent educator, someone who can be relied on. Not only do you pay attention to the comfort of your students, you are also happy to help those of us who don't understand.

You taught me the basics, then I progressed until I could solve every question. My journey in this class would probably not look bright without your presence. Therefore, I want to say thank you for everything that has been given.

Hopefully you will always be under His protection, hopefully you can continue to create goodness for all of us. I thank you again for everything you have taught.

Good morning/afternoon/evening/night Mr/Ms (teacher's name).

Your Student,

(student's name)

Artinya:

Selamat pagi/siang/sore/malam Bapak/Ibu (nama guru),

Bersamaan dengan surat ini, saya (nama mahasiswa) berharap agar kondisi kesehatan kalian selalu baik dan hati kalian selalu bahagia.

Tujuan saya mengirimkan surat ini adalah untuk mengucapkan terima kasih atas pendidikan yang saya terima selama ini. Bertepatan dengan Hari Guru Nasional, saya rasa perasaan ini pantas untuk diungkapkan.

Saya merasa nyaman belajar dengan Anda dan teman sekelas saya. Saya kira hal ini bisa terjadi karena hadirnya pendidik yang berkompeten, seseorang yang bisa diandalkan. Anda tidak hanya memperhatikan kenyamanan siswa Anda, Anda juga dengan senang hati membantu kami yang belum mengerti.

Anda mengajari saya dasar-dasarnya, lalu saya maju hingga saya bisa menyelesaikan setiap pertanyaan. Perjalananku di kelas ini mungkin tidak akan terlihat cerah tanpa kehadiranmu. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih atas segala yang telah diberikan.

Semoga selalu dalam lindungan-Nya, semoga bisa terus menciptakan kebaikan untuk kita semua. Saya berterima kasih sekali lagi atas semua yang telah Anda ajarkan.

Selamat pagi/siang/sore/malam Bapak/Ibu (nama guru).

 

Muridmu,

(nama siswa)

Contoh ke-15

Dear Mr/Mrs (teacher's name},

First of all, introduce my name is (student's name). As your student, I want to say thank you. Thanks to your contribution and guidance so far, my knowledge and character are slowly being formed.

Starting when we first met, we didn't know each other yet. However, Mr/Mrs patiently managed to explain the lesson material to me and my classmates. The positive thing is that I received the material taught by you sir/madam well.

The explanations are not long-winded and are always right to solve my questions. Not only that, Mr/Mrs (teacher's name) also succeeded in creating a comfortable atmosphere in learning.

I became so happy in class that I didn't remember how long we studied. Therefore, I would like to thank you also for the conditions that I really like.

I hope that Mr/Mrs (teacher's name) can continue to guide me and other students like this. May you always be healthy and blessed with happiness.

Yours faithfully,

(student's name)

Artinya:

Bapak/Ibu yang terhormat (nama guru},

Pertama-tama, perkenalkan nama saya (nama siswa). Sebagai murid Anda, saya ingin mengucapkan terima kasih. Berkat sumbangsih dan bimbingan kalian selama ini, perlahan ilmu dan karakterku mulai terbentuk.

Mulai dari pertama kali kita bertemu, kita belum saling kenal. Namun Bapak/Ibu dengan sabar berhasil menjelaskan materi pelajaran kepada saya dan teman-teman sekelas. Positifnya saya menerima materi yang bapak/ibu ajarkan dengan baik.

Penjelasannya tidak bertele-tele dan selalu tepat untuk menjawab pertanyaan saya. Tak hanya itu, Bapak/Ibu (nama guru) juga berhasil menciptakan suasana nyaman dalam pembelajaran.

Saya menjadi sangat gembira di kelas sehingga saya tidak ingat berapa lama kami belajar. Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih juga atas kondisi yang sangat saya sukai.

Saya berharap Bapak/Ibu (nama guru) dapat terus membimbing saya dan siswa lain yang seperti ini. Semoga selalu sehat dan diberkahi kebahagiaan.

 

Salam sejahtera,

(nama siswa)

Contoh ucapan Hari Guru Nasional 2023

Dilansir dari Kontan, berikut 25 ucapan Hari Guru Nasional 2023:

https://www.kompas.com/tren/read/2023/11/24/213000665/hari-guru-nasional-2023-ini-kumpulan-contoh-surat-untuk-guru-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke