Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Antrean Isi BBM Motor dan Mobil Dipisah, Bolehkah Pindah kalau Sepi?

Salah satu yang mengunggah terkait pemisahan antrean tersebut yakni akun TikTok @rincha***, Sabtu (7/10/2023).

Pengunggah membagikan video antrean isi BBM di sebuah SPBU. Dia menyoroti antrean motor yang panjang padahal tempat antrean mobil sudah kosong.

"Ini alasan gw jarang beli Pertam*na. Padahal, disana kosong apa bedanya si motor ama mobil, kita sama sama customer," tulisnya.

Unggahan tersebut lantas mendapatkan beragam komentar dari warganet lainnya.

Ada yang mengeluhkan hal sama tapi ada juga yang menyebutkan alasan pemisahan antrean.

"Alasan kenapa pilih kerang kuning, karena malas antri lama2...," tulis @iam.***.

"Ibarat nya 4 motor sudah selesa isi bensin, blom tentu 1 mobil selesai isi, simpel nya gtu aja sih," balas akun @p_i_t_o***.

"Kalo digabung yang ad itu mobil gak ngisi",di serobot motor mulu," kata akun @chiko***.

Hingga Jumat (13/10/2023) pagi, video tersebut telah tayang sebanyak 739.400 kali, disukai 9.563 kali, dan mendapat 1.189 komentar.

Lalu, apa alasan Pertamina memisah antrean pengisian BBM motor dan mobil?

"Secara umum, antrean dipisah antara roda 2 (motor) dan roda 4 (mobil) agar (alur pengisian) lebih lancar," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (12/10/2023).

Menurut Irto, SPBU Pertamina biasanya menyediakan dua jalur pengisian BBM yang terpisah, yakni untuk motor maupun mobil. 

Ini berlaku untuk pengisian bahan bakar jenis BBM Umum (JBU) atau nonsubsidi. Contohnya, Pertamax, Pertamax Turbo, dan Dexlite.

Sementara SPBU untuk bahan bakar jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) yang bersubsidi seperti Pertalite, ada yang jalurnya jadi satu atau terpisah.

Meski begitu, di SPBU yang lokasinya sempit, jalur motor akan dibuat jadi satu dengan jalur mobil. Namun, poisinya bersebelahan atau tetap ada pemisah di antara keduanya.

"Jika SPBU-nya kecil, maka di jalur roda 4 juga disediakan jalur roda 2 agar bisa melakukan pengisian di jalur tersebut," tambahnya.

Menanggapi antrean motor yang lebih panjang daripada mobil, Irto menyarankan agar pengendara tidak berpindah ke jalur pengisian bensin kendaraan lain.

"Untuk BBM JBKP atau penugasan Pertalite disarankan untuk tetap mengantre di jalurnya, motor di jalur roda dua dan mobil di jalur roda empat," imbuh dia.

Dilansir dari situs My Pertamina (25/3/2023), berikut cara aman dan nyaman mengisi bensin motor dan mobil.

Hal yang dilarang

Selain itu ada juga beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan saat mengisi bensin di SPBU. Diberitakan Kompas.com (13/9/2019), berikut sejumlah larangan yang perlu diketahui:

https://www.kompas.com/tren/read/2023/10/13/083000865/alasan-antrean-isi-bbm-motor-dan-mobil-dipisah-bolehkah-pindah-kalau-sepi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke