Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Berikut Rangkaian Acara HUT Ke-78 RI di Istana Negara

KOMPAS.com - Istana Merdeka, Jakarta, akan menggelar puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), Kamis (17/8/2023).

Pada tahun ini, HUT ke-78 RI mengusung tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, ada empat hal yang berbeda dari peringatan HUT RI pada tahun ini dengan tahun sebelummya.

Salah satunya adalah akrobat pesawat dari masing-masing matra TNI yang biasanya hanya dilakukan oleh pesawat dari TNI Angkatan Udara (AU).

Pihak Istana juga mempersiapkan panggung hiburan di lapangan Monumen Nasional (Monas) agar masyarakat bisa menyaksikan jalannya upacara.

"Kami menyiapkan tempat dan stage sehingga mereka yang tidak bisa sempat untuk diundang di Istana bisa (menikmati) keramaian itu ikut di Monas," kata Heru, dikutip dari Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Lantas, apa saja rangkaian acara HUT ke-78 RI?

Rangkaian acara HUT ke-78 RI

Pihak Istana telah merilis rangkaian acara pada puncak peringatan HUT ke-78 RI pada Kamis (17/8/2023).

Hal tersebut diumumkan melalui laman https://pandang.istanapresiden.go.id/.

Dalam jadwal yang dirilis, salah satu acara yang bakal digelar adalah Upacara Peringatan Detik-Detik Kemerdekaan RI seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berikut rangkaian acara HUT ke-78 RI:


Persiapan HUT ke-78 RI sudah 90 persen

Jelang puncak peringatan HUT ke-78 RI, Istana Kepresidenan telah menggelar gladi bersih di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Gladi diawali dari proses penurunan Bendera Merah Putih lalu dilanjutkan dengan gladi pengambilan Bendera Pusata Merah Putih dari Monas yang berada di seberang Istana Merdeka.

Gladi berlanjut dengan pembacaan naskah Proklamasi, Kirab Budaya, dan barisan ibu-ibu yang mengenakan kebaya.

Penanggung jawab gladi bersih, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, mengatakan bahwa persiapan upacara bendera HUT ke-78 RI di Istana Merdeka sudah mencapai 90 persen.

Ia menyampaikan, akan digelar juga sejumlah penampilan hiburan berupa lagu nasional, lagu derah, dan musik populer dari paduan suara dan artis Tanah Air pada HUT ke-78 RI.

"Kalau saya bilang, ini udah 90 persen sudah oke. Hanya yang belum kita ketahui siapa pemain utamanya, pembawa baki siapa, komandan upacara siapa, yang pagi siapa, yang sore siapa, nanti baru diketahui pada hari H-nya," kata Arkamlevi, dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/8/2023).

https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/15/213000565/simak-berikut-rangkaian-acara-hut-ke-78-ri-di-istana-negara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke