Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Messi di Asia Tenggara: Main di Thailand, Batal Melawan Malaysia, Singapura, dan Indonesia

KOMPAS.com - Lionel Messi dipastikan absen ketika timnas Argentina menghadapi Indonesia pada laga FIFA Matchday, Senin (19/6/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Kepastian itu didapat usai namanya tidak dimasukkan oleh pelatih Lionel Scaloni ke dalam skuad Argentina yang dibawa ke Indonesia.

Keberadaan Messi juga tidak tampak ketika skuad Argentina tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Jumat (16/6/2023) malam.

Absennya Messi di Indonesia tentu membuat penggemar kecewa karena mereka tidak bisa menyaksikan aksi La Pulga di atas lapangan GBK. 

Hanya bermain saat berkunjung ke Thailand

Namun selain absen melawan Indonesia, Messi juga pernah melewatkan pertandingan melawan Singapura dan Malaysia XI. Satu-satunya negara di Asia yang pernah perhadapan dengan Messi dkk hanya timnas Thailand. 

Dikutip dari Kompas.id, Thailand menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang pernah menyaksikan langsung aksi olah bola Messi. Fans Messi di Thailand saat itu bisa dibilang beruntung. 

Saat itu Messi hadir di Stadion Nasional, Bangkok, bersama Barcelona dalam laga rangkaian tur pramusim pada 2013. Dalam laga itu, Barcelona mempecundangi Thailand XI dengan skor telak 7-1. Messi tampil cemerlang dengan mengemas dua gol di laga tersebut.

Datang ke Malaysia, tapi tak bermain

Penampilan Messi di Thailand menjadi yang pertama dan satu-satunya laga yang dia mainkan di Asia Tenggara. 

Sebab saat Messi menyambangi Malaysia pada 2013 bersama Barcelona, dia urung dimainkan. 

Messi tiba di Malaysia setelah menjalani laga pramusim melawan Thailand di Stadion Rajamanggala, Bangkok pada Rabu (7/8/2013).

Dilansir dari laman Barcelona, klub mengatakan bahwa Messi tidak turun ke lapangan karena mengalami cedera pada paha kirinya.

"Leo Messi akan melewatkan pertandingan persahabatan Barca melawan Malaysia XI yang akan dimainkan di Stadion Shah Alam Sabtu ini," kata Barcelona dalam keterangan resminya.

Namun, beredar isu bahwa Messi tidak dimainkan ketika Barcelona melawan Malaysia XI karena kualitas Stadion Shah Alam yang di bawah standar.

Dilansir dari Kompas.id, kabar tersebut berasal dari pemilik klub elite Malaysia, Johor Darul Takzim, Tunku Ismail Sultan Ibrahim.

Batal lawan Singapura

Messi juga tidak bermain ketika Argentina melawan Singapura dalam laga persahabatan pada Selasa (13/6/2017) di National Stadium.

Messi yang saat itu sudah tiba di Singapura dilaporkan kembali ke Bandara Changi dan terbang ke Barcelona dengan alasan mempersiapkan pernikahannya dengan Antonela Roccuzzo.

"Jelas ini kekecewaan besar. Jika saya mengetahui ini lebih awal, mungkin saya akan membeli tiket yang lebih murah. Pemain lain di tim Argentina juga kelas dunia, tapi mereka bukan Messi," kata Alvin, seorang marketing executive, dikutip dari ESPN.

Meskipun Messi batal bermain, pihak promotor, Unicess, tidak menyediakan opsi pengembalian tiket.

Mereka beralasan, absennya Messi saat melawan Singapura bukan kesengajaan pihak promotor. 

”Tidak ada bentuk refund tiket. Argentina sudah memiliki skuad dengan banyak pemain bintang. Kami tidak sabar melihat pertandingan menarik,” kata Unicess dalam pernyataannya.

Kendati tanpa Messi, Argentina yang diperkuat Angel di Maria, Paulo Dybala, dan Joaquin Correa menggelontor gawang Singapura 6 gol tanpa balas. 

Kabar bahwa rekrutan anyar Inter Miami itu tidak akan diturunkan ketika Argentina melawan Indonesia bermula dari jurnalis ESPN Argentina, Leo Paradizo.

Dilansir dari Kompas TV, media Argentina Vermouth Deportivo kemudian menjelaskan bahwa Messi tidak dibawa ke Indonesia karena peraih tujuh Ballon d'Or ini ingin menikmati liburan sebelum bergabung dengan Inter Miami.

“Argentina akan bertemu Australia lebih dulu. Dan menurut kabar, selanjutnya mereka (Argentina) akan bertemu Indonesia tanpa kehadiran (Lionel) Messi yang memang pantas berlibur sebelum bergabung dengan Inter Miami, klub barunya,” tulis Vermouth Deportivo.

Sementara itu, Scaloni mengatakan bahwa tidak hadirnya Messi saat Argentina melawan Indonesia merupakan keputusannya. Selain Messi, Argentina juga tidak diperkuat oleh Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi.

"Kami pikir itu adil. Itu adalah keputusan saya, sangat adil jika mereka beristirahat, pergi ke keluarga mereka. Mereka layak mendapatkannya," kata Scaloni, dikutip dari Kompas.com.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/17/170000765/messi-di-asia-tenggara--main-di-thailand-batal-melawan-malaysia-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke