Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada, 193 Aplikasi Berbahaya di Play Store, Salah Satunya Telah Diunduh 5 Juta Kali

KOMPAS.com - Pemilik Android kembali mendapat peringatan untuk memeriksa sejumlah aplikasi yang telah disusupi perangkat lunak berbahaya atau malware.

Peringatan tersebut seiring dengan temuan tim peneliti perusahaan keamanan siber, CloudSEK, terkait 193 aplikasi terinfeksi di Google Play Store.

Bahkan, diberitakan The Sun, Senin (5/6/2023), secara kolektif ratusan aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 30 juta kali.

Google sebenarnya memiliki rekam jejak cukup baik dalam menghapus aplikasi yang melanggar pedoman privasi serta keamanan.

Namun, para penipu atau scammers bertindak cepat dengan melahirkan beberapa aplikasi lain saat satu aplikasi dihapus.

Dominasi aplikasi permainan

Menurut CloudSEK, sebagian besar aplikasi berbahaya yang berhasil diidentifikasi masuk dalam kategori game atau permainan.

Kondisi ini mengkhawatirkan lantaran aplikasi permainan dapat menarik anak-anak dan orang dewasa untuk mengunduhnya dan menjalankan malware pada perangkat.

Terlebih, aplikasi permainan yang dikembangkan dengan buruk hanya akan dimainkan sebentar sebelum akhirnya ditinggalkan pengguna.

Aplikasi berbahaya yang menganggur di perangkat itu pun bisa menjadi berita buruk bagi pemilik.

Pasalnya, perangkat lunak berbahaya atau malware berpotensi mencuri pesan, foto, video, berkas, bahkan kata sandi.

Melalui malware, pelaku juga dengan mudah mengintip pemilik perangkat masuk ke aplikasi perbankan melalui ponsel.

Masih dari The Sun, HexaPop Link 2248 adalah temuan aplikasi berbahaya dengan unduhan terbanyak, mencapai 5 juta unduhan.

Sementara itu, aplikasi bernama Macaron Match, Macaron Boom, Jelly Connect, Tiler Master, Crazy Magic Ball, Bitcoin Master, dan Happy 2048, masing-masing telah diunduh lebih dari 1 juta kali.

Berikut daftar 193 aplikasi berbahaya yang harus segera dihapus dari perangkat ponsel:

https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/08/200000965/waspada-193-aplikasi-berbahaya-di-play-store-salah-satunya-telah-diunduh-5

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke