Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Naik Lagi, Covid-19 di China Mencapai 1 Juta Kasus dalam 24 Jam

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Zhejiang, China melaporkan 1 juta kasus infeksi Covid-19 harian terbaru pada Minggu (25/12/2022).

Jumlah infeksi Covid-19 itu diperkirakan akan berlipat ganda di hari-hari mendatang.

Dilansir dari Channel News Asia, Minggu (25/12/2022), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China mengatakan, meski mengalami lonjakan kasus harian sangat tinggi, namun tidak ada kematian akibat Covid-19 selama lima hari terakhir.

Dipertanyakan ahli kesehatan dunia

Kondisi ini justru menimbulkan pertanyaan di antara para pakar kesehatan dunia.

Sebab, China hanya menghitung kematian akibat pneumonia atau kegagalan pernapasan yang disebabkan oleh Covid-19.

Tak hanya itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku belum menerima data dari China tentang pasien rawat inap baru Covid-19.

Data itu belum diterima WHO sejak Beijing melonggarkan pembatasannya.

WHO juga mengatakan, kesenjangan data mungkin disebabkan oleh pihak berwenang yang berjuang untuk menghitung kasus di negara terpadat di dunia itu.

Dikutip dari Times of India, Minggu (25/12/2022), warga dan para ahli telah meminta data yang lebih akurat karena infeksi melonjak.

Hal ini diperparah dengan pemerintah China yang berhenti menerbitkan update angka Covid-19 harian pada Minggu, 25 Desember 2022.

Informasi tersebut disampaikan oleh Komisi Kesehatan Nasional China (NHC).


Seputar Zhejiang

Zhejiang adalah salah satu dari sedikit daerah yang memperkirakan lonjakan infeksi baru-baru ini termasuk kasus tanpa gejala.

"Puncak infeksi diperkirakan tiba lebih awal di Zhejiang dan memasuki periode peningkatan sekitar Hari Tahun Baru, di mana jumlah infeksi baru setiap hari akan mencapai dua juta," kata pemerintah Zhejiang dalam sebuah pernyataan.

Zhejiang adalah suatu provinsi dengan populasi 65,4 juta.

Menurut keterangan pejabat setempat, tercatat ada 13.583 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit provinsi, satu pasien memiliki gejala parah.

Sementara, ada 242 pasien Covid-19 dengan kondisi parah dan kritis disebabkan oleh penyakit yang mendasarinya atau komorbid.

Menurut media pemerintah, sistem perawatan kesehatan negara berada di bawah tekanan yang sangat besar.

Staf diminta untuk bekerja saat sakit dan bahkan pensiunan pekerja medis di komunitas pedesaan dipekerjakan kembali untuk membantu upaya akar rumput.

Tindakan ini memperkuat urgensi atau mengantisipasi kegiatan Tahun Baru Imlek di bulan Januari2023, ketika sejumlah besar orang kembali ke rumah.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/26/160000665/naik-lagi-covid-19-di-china-mencapai-1-juta-kasus-dalam-24-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke