Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 4 Produk Mie Sedaap yang Ditarik oleh Singapura

Dua produk Mie Sedaap yang ditarik pada Kamis (6/10/2022) adalah Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken nya mie instan.

Singapura kemudian menarik dua produk lainnya pada Sabtu (8/10/2022), yakni Mie Sedaap Soto dan Mie Sedaap Curry.

Dikutip dari The Straits Times, Mie Sedaap Soto yang ditarik bertanggal kadaluarsa 11 Desember 2022, sedangkan Mie Sedaap Curry bertanggal kadaluarsa 22 Februari 2023.

Kandungan yang tidak diizinkan di makanan

SFA mengatakan, akan terus menguji produk mie instan lainnya dari merek tersebut.

Ia bekerja sama dengan importir dan pihak berwenang Indonesia untuk menyelidiki, serta memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida.

"Jika etilen oksida terdeteksi melebihi tingkat maksimum yang ditentukan, SFA akan memulai penarikan produk yang terkena dampak," kata badan tersebut.

Menurut SFA, etilen oksida adalah pestisida yang tidak diizinkan untuk digunakan dalam makanan.

Meskipun tidak menimbulkan risiko langsung pada tingkat konsumsi yang rendah, paparan jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut laporan dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, paparan jangka panjang terhadap etilen oksida pada manusia dapat menyebabkan iritasi pada mata, kulit, hidung, tenggorokan dan paru-paru, serta kerusakan pada otak dan sistem saraf.

Paparan etilen oksida juga meningkatkan risiko kanker, menurut laporan yang sama.

SFA mengatakan, konsumen yang telah membeli produk yang terkena dampak harus mencari saran medis jika mereka memakannya dan memiliki masalah kesehatan.

BPOM sebut produk Mie Sedaap di Indonesia aman

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan kajian.

Kendati demikain, ia memastikan keamanan produk Mie Sedaap yang beredar di Indonesia.

"Soal Mie Sedaap ini, BPOM sedang melakukan kajian dan masih sampling. Tapi produk yang terdaftar di Indonesia aman," kata Penny saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (10/10/2022).

Penarikan produk Mie Sedaap ini sebelumnya juga telah dilakukan oleh Hong Kong.

Diketahui pada 27 September 2022, Center for Food Safety (CFS) Hong Kong menarik produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Flavour Fired Noodle.

Penyebabnya sama, produk tersebut diduga mengandung pestisida, etilen oksida.

Perusahaan pastikan tidak ada penggunaan etilen oksida

Sebelumnya, Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia Sheila Kansil membantah, Mie Sedaap varian Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken mengandung etilen oksida (EtO).

"Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan etilen oksida (EtO) dan telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," kata Sheila, dikutip dari Kompas.com, Kamis (6/10/2022).

Sheila memastikan bahwa produksi Mie Sedaap dari seluruh lini proses dan produk tidak menggunakan EtO.

Selama ini,  produk Mie Sedaap telah diproduksi dengan menaati regulasi dari badan terkait untuk memenuhi standar keamanan pangan yang berlaku.

Adapun standar keamanan pangan itu, meliputi Izin Badan Pengawas Obat & Makanan Republik Indonesia, Sertifikat Halal (MUI), Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan, dan Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

Dia menegaskan bahwa produk Mie Sedaap yang beredar telah memenuhi persyaratan keamanan pangan yang ada.

"Sesuai dengan klarifikasi BPOM tertanggal 29 September 2022 di situs resmi BPOM, produk Mie Sedaap yang beredar di Indonesia memenuhi persyaratan yang ada," jelasnya.

Produk Mie Sedaap sendiri telah dinikmati oleh konsumen di lebih dari 30 negara selama belasan tahun terakhir.

Menurut Sheila, selama itu, produk Mie Sedaap telah memenuhi standar wajib ekspor, termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk.

"Upaya untuk tunduk pada peraturan yang berlaku ini merupakan komitmen Mie Sedaap yang sudah diproduksi dan beredar hampir 20 tahun di Indonesia," terang Sheila.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/10/10/133000165/daftar-4-produk-mie-sedaap-yang-ditarik-oleh-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke