Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 15 Provinsi yang Konsisten Mengalami Penurunan Kasus Harian Covid-19

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat ada 15 provinsi yang konsisten mengalami penurunan kasus harian Covid-19.

Sebelumnya, pada akhir Februari 2022, diumumkan ada 14 provinsi yang mengalami penurunan kasus.

Sulawesi Selatan menjadi provinsi terbaru yang mencatat konsistensi penurunan kasus pada Rabu (2/3/2022).

Berikut daftar 15 provinsi yang mengalami penurunan kasus harian Covid-19:

8 provinsi yang mengalami pelandaian kasus harian Covid-19

Selain itu, Kemenkes juga membeberkan ada 8 provinsi yang mengalami kelandaian kasus harian Covid-19.

Maluku Utara menjadi provinsi terbaru yang masuk daftar pelandaian kasus bersama dengan 7 provinsi yang masuk fase tersebut beberapa waktu lalu.

Berikut daftarnya:

Penurunan jumlah pasien dirawat di RS

Berdasarkan data Kemenkes, hingga Kamis (3/3/2022), tren jumlah pasien dirawat di rumah sakit juga terus mengalami penurunan menjadi 32 persen.

Selain itu, rata-rata tujuh hari terakhir positivity rate nasional mengalami penurunan menjadi 16,3 persen, dibandingkan minggu sebelumnya yang sempat tercatat di 18,2 persen.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pemerintah optimis akan terus mengendalikan pandemi dan berusaha menahan agar laju kasus tidak melonjak lebih tinggi lagi.

"Upaya paling efektif saat ini untuk mencegah lebih banyak lagi kesakitan dan risiko kematian akibat terinfeksi Covid-19 adalah melalui vaksinasi lengkap diikuti dengan vaksinasi booster," ujar Nadia, dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Kamis (3/3/2022).

Menekan risiko terburuk Covid-19

Vaksinasi secara ilmiah, kata dia, terbukti mampu menekan risiko terburuk dari infeksi Covid-19.

Sementara itu, dari data-data yang saat ini diteliti Kemenkes, menunjukkan bahwa 69 persen dari 5.013 pasien Covid-19 yang meninggal diketahui belum mendapat vaksinasi lengkap.

Hal ini diperburuk juga oleh kondisi komorbid dan lanjut usia.

"Pemerintah sangat menganjurkan untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan serta melindungi diri melalui vaksinasi terutama bagi lanjut usia dan memiliki komorbid," tutup Nadia.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/04/123000765/daftar-15-provinsi-yang-konsisten-mengalami-penurunan-kasus-harian-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke