Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update Corona Global 9 Februari: Masyarakat Diminta Tak Lagi Salahkan Pelaku Perjalanan Luar Negeri | Aturan Masker Italia Dicabut

KOMPAS.com – Kasus infeksi virus corona di dunia masih terus menunjukkan adanya peningkatan.

Melansir data dari Worldometers, jumlah kasus virus corona tercatat ada sebanyak 400.190.928 kasus.

Sedangkan jumlah korban meninggal ada sebanyak 5.779.989 orang, dan jumlah pasien yang bisa sembuh sebanyak 320.020.122.

Berikut ini 10 besar kasus terbesar di dunia:

Berikut ini sejumlah update informasi seputar virus corona di dunia:

1. Indonesia

Jumlah kasus harian baru Indonesia pada Selasa (8/2/2022) tercatat bertambah sebanyak 37.492 kasus dalam 24 jam terakhir.

Total kasus Covid-19 di Indonesia yang tercatat ada sebanyak 4.580.093. Dengan penambahan tertinggi terjadi di DKI Jakarta sebanyak 10.817 kasus.

Sementara itu jumlah kasus sembuh harian bertambah 10.708 sehingga total ada sebanyak 4.202.312 kasus pasien sembuh.

Sedangkan jumlah kematian ada sebanyak 83 kasus sehingga total korban meninggal sebanyak 144.719 orang.

Kasus Omicron tertinggi hingga saat ini ada di Jakarta. Terkait hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meminta agar masyarakat tak lagi menyalahkan WNI ataupun WNA yang baru melakukan perjalanan luar negerti atas peningkatan kasus Omicron.

Menurutnya transmisi lokal jumlah kasusnya kini lebih banyak dibanding Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

"Kita tidak bisa lagi menyalahkan datangnya orang asing ke Jakarta dan lain sebagainya, karena justru sekarang yang meningkat adalah di internal kita (transmisi lokal)," kata Riza dikutip dari Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

2. Italia

Pemerintah Italia pada Selasa (8/2/2022) mencabut aturan kewajiban memakai masker di luar ruangan untuk beberapa kondisi.

Seperti masyarakat hanya diminta memakai masker di area ramai dan di dalam ruangan yang merupakan tempat umum.

Mengutip Reuters, hal ini dilakukan karena kasus Covid-19 di sana sudah mulai membaik. Aturan tersebut mulai berlaku 11 Februari hingga 31 Maret 2022.

Kasus virus corona telah menunjukkan tren penurunan di Italia, meskipun jumlah kematian tetap tinggi yakni 300-450 kematian.

3. Selandia Baru

Ratusan orang melakukan aksi demo menentang mandat vaksin dan pembatasan di Selandia Baru.

Para pengunjuk rasa datang dari berbagai penjuru dan menggelar aksi demo di luar Gedung Parlemen.

Pengunjuk rasa datang dengan truk dan caravan yang terinspirasi dari aksi demonstrasi serupa di Kanada.

Unjuk rasa dilakukan saat kasus Selandia Baru masih tinggi yakni memiliki sekitar 18.000 kasus harian yang dikonfirmasi dan 53 kematian.

4. Australia

Setelah hampir dua tahun Australia menutup perbatasannya untuk hampir semua pengunjung internasional, kini Australia kembali membuka negara itu untuk turis internasional.

Adapun turis yang diizinkan masuk adalah mereka yang telah divaksin.

“Jika Anda divaksinasi ganda, kami berharap dapat menyambut Anda kembali ke Australia, kata Perdana Menteri Scott Morrison pada Senin (7/2/2022) dikutip dari NyTimes.

Dengan adanya aturan yang akan berlaku 21 Februari 2022 ini, maka wisatawan yang divaksinasi, pelancong bisnis dan pemegang visa lain akan diizinkan masuk.

Meski demikian aturan ini tak akan membuka seluruh Australia. Hal ini karena beberapa negara bagian mengontrol pembatasannya sendiri.

5. Hong Kong

Hong Kong saat ini juga tengah menerapkan strategi dynamic zero seperti China untuk mengendalikan wabah.

Sehingga Hong Kong kini memberlakukan pembatasan ketat setelah adanya 600 kasus harian baru yang dilaporkan.

Mengutip dari AlJazeera, pembatasan yang diperketat ini membuat pasokan sayuran hampir habis di Hong Kong karena adanya panic buying dari masyarakat.

Selain itu, hal ini terjadi karena adanya penurunan pengiriman sayur dari perbatasan akibat pengemudi truk yang mengantar sayuran dites positif.

Rak-rak sayur di supermarket kota kosong. Sementara orang-orang banyak yang membanjiri pasar tradisonal untuk mendapatkan persediaan.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/09/113000965/update-corona-global-9-februari--masyarakat-diminta-tak-lagi-salahkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke