Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perkemahan Ini Ajari Anak Jadi Orang Kaya, Cocok Buat Kita?

KOMPAS.com – Sebuah program perkemahan khusus yang ada di Toronto, Kanada, mengajarkan pesertanya untuk menjadi seseorang yang kaya raya di masa depan.

Perkemahan ini bernama Camp Millionaire yang didirikan oleh seorang manajer proyek bernama Hasina Lookman.

Tak hanya sebagai pendiri, di sana Lookman juga menjadi pengajar bagi semua peserta kemah yang semuanya datang dari kalangan anak-anak.

Dikutip dari BBC, semua murid Camp Millionaire berusia 10-14 tahun dan berasal dari kalangan menengah ke atas.

Pertama karena biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti perkemahan yang berlangsung selama sepekan ini relatif mahal, yakni C$275 atau sekitar RP 2,9 juta.

Padahal ia juga menyediakan beasiswa khusus bagi mereka yang ingin mengikuti program namun tidak sanggup membayar biaya yang ada.

Tetapi, ada alasan lain mengapa anak-anak dari kalangan tersebut enggan mengikuti perkemahan ini.

Menurut Lookman mereka yang datang dari kalangan menengah ke bawah juga tidak memiliki motivasi untuk menjadi kaya, karena melihat pola kerja orangtua mereka.

Secara umum, perkemahan ini terdiri dari forum-forum diskusi yang membahas tentang isu-isu finansial pasar secara global, dan perdagangan internasional.

Lebih detail, Camp Millionaire mengajarkan pesertanya membuat penganggaran, tabungan, keputusan investasi, pasar saham, perubahan iklim dan dampaknya bagi produk, hingga konsep keuangan yang lebih kompleks.

Misalnya tentang bagaimana perang dagang dapat memengaruhi investor, dan sebagainya.

Meski masih tergolong pada usia anak-anak, namun peserta program Lookmann ini memiliki ketertarikan dan pemahaman terkait hal-hal itu.

Tujuan Camp Millionaire

Perkemahan ini memang sejak awal didesain untuk mendorong generasi muda untuk memiliki kapasitas untuk memiliki kehidupan ekonomi yang lebih baik di masa yang akan datang.

Dalam bentuk konkret, anak-anak sudah dibiasakan dengan konsep-konsep utama dalam bisnis dan sistem keuangan.

Sehingga mereka dapat memahami fakta-fakta tentang kegiatan bisnis besar, atau seorang tokoh yang keberadaannya bisa mempengaruhi perekonomian global.

Anak-anak juga akan diajarkan berbagai kondisi yang menyebabkan seseorang terjerat dalam masalah keuangan. Tak hanya itu, mereka juga akan diberi pemahaman bagaimana cara mengatasi masalah keuangan.

https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/01/170400265/perkemahan-ini-ajari-anak-jadi-orang-kaya-cocok-buat-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke