Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Kerajaan Dompu

Kompas.com - 14/12/2022, 12:00 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kerajaan Dompu adalah salah satu kerajaan kuno yang pernah berdiri di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Konon, bangunan yang dulu diduga merupakan tempat Kerajaan Dompu berdiri sekarang sudah diubah menjadi Masjid Raya Dompu.

Namun, kediaman raja masih ada hingga sekarang dan berada di Kelurahan Bada.

Berikut ini sejarah Kerajaan Dompu.

Baca juga: Suku-suku di Bali dan Nusa Tenggara

Sejarah berdirinya Kerajaan Dompu

Apabila menelusuri kembali sejarah berdirinya Kerajaan Dompu, perlu dipahami terlebih dahulu wilayah Dompu sebelum menjadi kesultanan.

Sebab selama Kerajaan Dompu berdiri, dikenal dua istilah yang diberikan pejabat tertinggi di pemerintahan masing-masing, yaitu Ncuhi dan Sangaji atau raja.

Ncuhi adalah kepala kelompok dan tokoh dalam keagamaan, sedangkan sangaji/raja adalah penguasa pada Zaman Hindu hingga berdirinya Kesultanan Dompu.

Pimpinan pemerintahan Dompu pada masa itu dipimpin oleh sangaji/raja yang berjumlah 8 orang.

Setelah itu, seiring berjalannya waktu, mulai didirikan sebuah kerajaan atau kesultanan di tempat itu, yang kemudian disebut sebagai Kerajaan Dompu.

Untuk menentukan dengan pasti tanggal, hari, bulan, dan tahun berapa Kerajaan Dompu berdiri sangat sulit karena tidak ada prasasti yang menceritakannya.

Kendati begitu, terdapat informasi bahwa sultan pertama yang memimpin Kerajaan Dompu bernama Manuru Bata.

Pada 1030 H silam, Manuru Bata memutuskan untuk masuk Islam. Namanya kemudian berubah dari Manuru Bata menjadi Syamsuddin, Sultan Islam pertama di Dompu.

Ia naik takhta sebagai pemimpin Kerajaan Dompu pada 1635 M.

Dengan dilantiknya Manuru Bata sebagai sultan, maka berakhirlah Kerajaan Dompu bercorak Hindu yang dulunya dipimpin oleh sangaji/raja dan berubah menjadi kerajaan bercorak Islam.

Dulunya, corak Hindu masuk ke dalam Kerajaan Dompu karena Majapahit berhasil menaklukkan wilayah Dompu dengan kekuasaan di bawah pimpinan panglima Tumenggung Nala pada 1357.

Baca juga: Perbedaan Kerajaan dan Kesultanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com