Biografi IJ Kasimo, Tokoh Katolik dan Pencetus Kasimo Plan

Kompas.com - 27/06/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Ignatius Joseph Kasimo Hendrowahyono atau IJ Kasimo adalah salah satu tokoh besar bangsa Indonesia.

IJ Kasimo merupakan pejuang kemerdekaan dan politisi Indonesia dari golongan Katolik yang menjadi salah satu pendiri Partai Politik Katolik Indonesia (PPKI).

Setelah Indonesia merdeka, ia beberapa kali menjabat sebagai menteri. Ketika menjabat sebagai Menteri Persediaan Makanan Rakyat dalam Kabinet Hatta I (1948-1949), ia mencetuskan program ekonomi yang terkenal.

Program ekonomi yang dibentuk IJ Kasimo dikenal sebagai Kasimo Plan, yang dicetuskan untuk menyelesaikan masalah pangan Indonesia.

Atas jasanya bagi bangsa Indonesia, IJ Kasimo dinobatkan sebagai pahlawan nasional dan pernah mendapatkan anugerah Bintang Santo Gregorius Agung melalui Surat Keputusan Paus Yohanes Paulus II.

Baca juga: Kasimo Plan, Upaya Menyelesaikan Masalah Pangan Indonesia

Awal kehidupan

Kasimo Hendrowahyono lahir di Yogyakarta pada 10 April 1900. Ia merupakan putra dari Ronosentiko dan Dalikem.

Ayahnya merupakan seorang priayi, yang mengabdikan diri di Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Oleh karena itu, sejak kecil Kasimo dididik sesuai dengan tradisi keraton. Kendati demikian, ia berani menjajaki hal baru dengan menempuh pendidikan dan mengejar mimpi di luar dunia kepriayian.

Kasimo bersekolah di Bumi Putra Gading, sebelum melanjutkan pendidikannya di Muntilan di sekolah yang didirikan oleh Romo van Lith.

Dari situlah, ia tertarik untuk belajar agama Katolik dan pada April 1913, Kasimo dibaptis secara Katolik dan mendapat nama baptis Ignatius Joseph.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.