Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Anime: Awal Kemunculan dan Perkembangannya di Indonesia

Kompas.com - 18/05/2022, 09:00 WIB
Bidari Aufa Sinarizqi,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anime adalah kartun atau animasi bergaya Jepang yang saat ini dinikmati oleh masyarakat dunia.

Melansir Encyclopedia Britannica, awalnya anime hanya direncanakan untuk pasar Jepang sendiri. Beberapa referensi dari anime juga mengacu pada budaya unik dari Jepang.

Lambat laun, penayangan anime merambah ke berbagai negara dan meraih populeritas, termasuk di Indonesia. Bahkan, anime menjadi salah satu tonggak dari budaya populer Jepang.

Meski dikemas dalam bentuk kartun, anime bukan hanya ditujukan bagi anak-anak saja. Beberapa tema anime bahkan ditujukan khusus untuk orang dewasa.

Kini, anime menjadi salah satu bentuk budaya populer dari Jepang, bersama manga (komik Jepang), dorama (drama televisi Jepang), dan beberapa jenis musik Jepang.

Lantas, sejak kapan anime hadir dan menjadi salah satu tayangan penghibur untuk masyarakat dunia, termasuk Indonesia?

Baca juga: Film Pertama di Dunia

Kemunculan anime di Jepang

Anime hadir di Jepang sejak awal abad ke-20, tepatnya pada 1907. Katsudo Shashin, adalah anime pertama dan tertua di dunia yang diproduksi Jepang.

Namun, tidak diketahui siapa pembuat anime berdurasi tiga detik itu. Sedangkan Jepang baru memproduksi anime secara serius pada 1917.

Kala itu, anime masih dikemas dalam animasi bisu dan tidak berwarna (hitam putih).

Para animator Jepang juga masih berupaya untuk mengembangkan pembuatan anime dengan berbagai teknik, yang terinspirasi dari animasi pendek buatan Perancis dan Amerika Serikat.

Perkembangan anime juga mengalami pasang surut di Jepang. Terlebih karena pengaruh Perang Dunia II serta gempa besar Kanto pada 1923, yang membuat anime sempat tersendat produksinya.

Pengaruh yang paling mendominasi adalah saat Perang Dunia II, karena membuat izin untuk penayangan anime di Jepang dipersulit.

Baca juga: Hakko Ichiu, Semboyan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya

Perkembangan anime di Jepang

Usai Perang Dunia II, untuk pertama kalinya ditayangkan film anime hitam putih berdurasi 74 menit pada 1945.

Judul film anime tersebut adalah Momotaro: Umi no shinpei, atau dalam bahasa Inggris berjudul Momotaro’s Divine Sea Warriors.

Film tersebut adalah garapan pihak tentara Jepang yang tujuan penayangannya sebagai propaganda pemerintah, yang dikemas dalam bentuk animasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com